DWP Kankemenag Kota Semarang Ikut Berperan Aktif dalam Kegiatan Sosbud DWP Kota Semarang

Semarang, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang ikut aktif dalam kegiatan sosial budaya yang dilaksanakan oleh DWP Kota Semarang. Tidak hanya kegiatan sosial budaya (sosbud), DWP Kankemenag Kota Semarang sebagai Unsur Pelaksana (UP) juga ikut mendukung program kegiatan yang telah dicanangkan oleh DWP Kota Semarang.

Jumat (12/3/2022), Mindarsih Sulami selaku anggota bidang sosbud, mewakili DWP Kankemenag Kota Semarang untuk mengikuti pengajian majelis taklim di gedung Balaikota Semarang. Keikutsertaannya tersebut merupakan tindak lanjut atas undangan dari Ketua DWP Kota Semarang Nomor : 93/SOSBUD/DWP.KO.SMG/III/2022 tanggal 1 Maret 2022, dengan mengusung tema Persiapan Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan.

Kegiatan ini diikuti oleh DWP Badan/Dinas/Instansi Kota Semarang dan DWP Kecamatan se-Kota Semarang.

Bertindak selaku penceramah adalah Ustadz Muhib Bulloh.

Dalam tausiyahnya, ia mengumpakaman bulan Ramadhan adalah tamu agung, sehingga ia mengajak kepada para peserta untuk menyambut dengan penuh persiapan layaknya akan kedatangan tamu yang sangat istimewa.

“Sabda Rasulullah, barang siapa menyambut Ramadhan penuh dengan suka cita, maka Allah haramkan jasadnya masuk neraka,” tuturnya.

Menurutnya ada 4 hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan, yaitu persiapan ruhaniyah, ilmiyah, jasadiyah dan malliyah.

“Persiapan ruhaniyah melalui pelatihan puasa sunah, perbanyak qiyamul lail dan qiroatul qur’an dan doa. Sedangkan persiapan ilmiyah atau pengetahuan, kita harus mempelajari betul apa itu bulan Ramadhan sebagaimana yang tertuang dalam Surah Al Baqarah ayat 183-187,” terang Muhib Bulloh.

“Yang tak kalah penting adalah persiapan jasadiyah/fisik, maka jaga selalu kesehatan, patuhi protokol kesehatan (prokes) dimanapun kita berada,” lanjutnya.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa pahala ibadah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan, oleh karenanya jadikan kesempatan ini untuk memperbanyak amal sholih kita, lewat sedekah dan lain sebagainya. Tidak hanya puasa, tapi berbagi dengan sesama sangat dianjurkan dilaksanakan di bulan Ramadhan, terlebih kondisi pandemi saat ini,” tandasnya.

Di akhir kegiatan, Mimin panggilan akrab Mindarsih Sulami sempatkan foto bersama Ketua dan Wakil Ketua DWP Kota Semarang.

Selepas mengikuti pengajian, Mimin segera laporkan hasil kegiatan tersebut kepada Ketua DWP Kankemenag Kota Semarang dan sharing ilmu melalui whatsapp grup pengurus DWP, agar bisa menjadi pengetahuan bersama. (Mimin/NBA/bd)