Era Digital, MTs Ma’arif Mandiraja Sambut UM Dengan Google Form

Banjarnegara – Dalam menyambut pelaksaan Ujian Madrasah (UM) tahun pelajaran 2021-2022 MTs Ma’arif Mandiraja menyiapkan aplikasi Google Form sebagai alternatif pelaksanaan ujian secara tatap muka terbatas. UM ini dilaksanakan di MTs Maarif Mandiraja mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan menerapkan setiap ruang maksimal  terisi 16 peserta ujian membawa handphone (HP) android sebagai media dalam melaksanakan UM berbasis Google Form, namun untuk peserta didik yang tidak memiliki HP maka menggunakan komputer Madrasah., Kamis,(24/3)

Ujian dimasa pandemi ini berbeda dengan ujian tahun 2021 ujian dilaksanakan secara online berbasis Google Form dikerjakan di rumah dengan pemantauan dari pihak Madrasah. Untuk tahun ini 2022 dilaksanakan secara online berbasis Google Form tetapi dilaksanakan secara tatap muka.

Dalam evaluasi kegiatan UM hari pertama dan kedua, Kepala Madrasah Barokatumminalloh menyampaikan, masih terdapat beberapa kendala dalam UM ini namun panitia Madrasah segera mungkin mengatasi kendala tersebut sehingga pelaksanaan UM sampai mata pelajaran terakhir dapat berjalan lancar dan tertib.

“Kami berharap mudah-mudahan pelaksanaan UM dari awal sampai akhir berjalan lancar, tertib dan bisa lulus semua,” terangnya.

Nely Sofia Rakhmah selaku ketua panitia ujian berharap, semua peserta ujian siap melaksanakan ujian ini dan siap menguasai teknologi digital, meraih nilai yang terbaik, siap menerima perubahan positif.

“Semoga peserta ujian mampu menyesuaikan kegiatan UM ini dengan teliti tidak tergesa-gesa, tetap semangat, mau belajar dan berdoa kepada Allah SWT memohon nilai yang tinggi,” harapnya.

Fadila Dwi Yunita salah satu peserta ujian kelas IX E mengatakan, kelebihan UM dengan Google Form ini dapat melatih kemandirian, melatih manajemen waktu dan memberi motivasi kepada peserta didik dalam mengaplikasikan teknologi, serta dapat mencegah kebocoran dalam pelaksanaannya.

“Selain itu adanya beberapa kendala seperti jaringannya sulit, lupa password dan harus memakai HP yang canggih atau yang bisa digunakan untuk masuk ke Google Form merupakan problem yang harus diperhatikan oleh peserta ujian supaya dapat mengikutinya dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

 Ia juga berpesan kepada teman-tema kelas IX E, harus bersungguh-sungguh dalam mengerjakan UM agar dapat nilai yang bagus, jangan pernah menyepelekan ujian karena ujian adalah akhir penentu kelulusan, dan harus bersungguh-sungguh dalam belajar. (ak/rf)