Gemakan Madani, Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara Buka Latihan Dasar Kepemimpinan 2022

Banjarnegara-Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) adalah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan bagi calon pengurus OSIM baru. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun menjelang pergantian pengurus OSIM.

LDK Tahun 2022 MTs Negeri 1 Banjarnegara pun kembali diselenggarakan pada tanggal 2, 4, dan 5 Maret 2022. Bertempat di aula Madtsansa, pembukaan LDK berjalan lancar pada Selasa (2/3).

LDK yang diikuti oleh 47 siswa perwakilan kelas VII dan VIII mengagendakan beberapa materi diantaranya kepemimpinan, keorganisasian, jurnalistik, pendidikan karakter, penyuluhan anti narkoba, penyusunan program, hymne dan mars madrasah serta PBB dengan pemateri dari guru-guru MTs Negeri 1 Banjarnegara sendiri.

Eko Widodo, Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara dalam sambutan pembukaannya langsung membakar semangat seluruh peserta dengan meneriakkan jargon Madtsansa semakin mendunia dan salam Madani.

“Saya sangat bangga, dengan siswa-siswa Madtsansa. Saya yakin, dengan berbekal latihan dasar kepemimpinan ini, kalian akan dapat belajar berorganisasi dengan baik sehingga kelak kalian akan dapat merasakan manfaatnya dalam kehidupan bermasyarakat. Jadi ikutilah kegiatan ini dengan semaksimal mungkin, dan serap ilmunya serta praktikkan dalam berorganisasi di OSIM MTs Negeri 1 Banjarnegara,” ungkapnya menyemangati.

Sementara Ikhsanudin, wakil kepala urusan kesiswaan menyampaikan bahwa kegiatan LDK ini diselenggarakan selama 3 hari karena masih dalam suasana pandemi sehingga dalam 1 hari materi yang diberikan tidak terlalu padat.

“Masih seperti pelaksanaan LDK tahun kemarin, tahun ini pun masih menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mengurangi volume materi setiap harinya adalah salah satu cara agar LDK tetap dapat berjalan sesuai tujuan dan peserta LDK akan mendapatkan manfaatnya secara nyata,” tuturnya setelah acara pembukaan usai.

Jasmine, perwakilan dari kelas VIII A yang menjadi salah satu peserta dalam kegiatan LDK mengungkapkan antusiasnya mengikuti kegiatan ini.

“Saya sangat bersemangat mengikuti LDK ini karena saya  ingin benar-benar belajar berorganisasi. Saya ingin mengisi waktu remaja saya dengan kegiatan yang bermanfaat dan penuh tantangan,” ungkapnya bersemangat. (lin/ak/rf)