Guru Diimbau Lakukan Upgrading Melalui KKG

Semarang, Selasa (22/3/2022) Kelompok Kerja Guru (KKG) Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Ngaliyan dan Semarang Barat, menyelenggarakan kegiatan Pembinaan ASN oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang.

Kegiatan dilaksanakan di River Walk Boja Kabupaten Kendal dan diikuti oleh guru ASN pada Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Ngaliyan dan Semarang Barat.

Hadir pula Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Dikmad) Kemenag Kota Semarang Moch Fatkhuronji dan Pengawas Madrasah Kecamatan Ngaliyan Mafruhatun.

Dalam pembinaanya Kepala Kankemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah mengimbau kepada para peserta agar menjadi guru yang profesional dan selalu meningkatkan pengetahuannya.

“Setelah menjadi guru yang profesional, maka kewajiban selanjutnya mengupgrade kemampuan dan pengetahuannya, sehingga menjadi guru ASN yang berpengetahuan luas dan handal,” tutur Mukhlis.

“Salah satunya melalui KKG. Karena melalui KKG, selain dapat memperluas wawasan, juga ajang berbagi pengalaman, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, memberdayakan dan membantu profesionalitas anggotanya termasuk pembudayaan hal-hal yang baik seperti kedisiplinan, selain itu juga dapat meningkatkan mutu proses pendidikan serta meningkatkan kompetensi guru,” sambungnya.

Pada bagian lain, senada dengan yang disampaikan Mukhlis, Fatkhuronji juga mengimbau kepada guru ASN Kecamatan Ngaliyan dan Semarang Barat untuk berperan aktif dalam KKG. “Aktif dalam KKG bisa memberikan manfaat yang cukup banyak. Selain tadi apa yang sudah disampaikan Kepala Kantor, melalui KKG juga bisa membangun silaturahmi dan memperkuat solidaritas antar guru, sehingga harapannya jika suatu ketika menemui kendala baik dalam pembelajaran peserta didik atau dalam pengajuan kenaikan pangkat terkait Penetapan Angka Kredit (PAK), bisa ngawruh ilmu dari rekan seprofesi di kecamatan setempat,” ujar Fatkhuronji. (Atun/NBA/bd)