Hadapi Ujian Sekolah, Pengawas PAI Berikan Motivasi kepada Siswa pada Gelaran Istighosah

Semarang, Manusia yang mau berusaha dengan sungguh-sungguh maka dia akan berhasil mencapai tujuannya, Ibnu Hajar adalah sebagai contoh seorang pekerja keras untuk mencapai kedudukan ahli dalam disiplin keilmuannya.

Hal ini disampaikan oleh Mulyani M. Noor selaku Kepala Sekolah SMAN 10 Semarang dalam sambutannya, pada acara doa bersama menjelang Ujian Sekolah untuk kelas XII, Kamis (24/3/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di SMAN 10 tersebut berlangsung kurang lebih selama hampir 3 jam, dimulai pada pukul delapan waktu setempat.

Kegiatan doa bersama diikuti semua siswa kelas XII MIPA, IPS, dan Bahasa, baik yang muslim maupun noonmuslim, yang semuanya berjumlah 325 siswa.

Siswa muslim mengikuti kegiatan tersebut bertempat di masjid Rahmatan Lil Alamiin SMAN 10 Semarang, sedangkan siswa nonmuslim mengikutinya dari ruang multi media.

Kegiatan doa bersama, diawali dengan salat dhuha dan salat hajat, dilanjutkan istighosah dan disambung pemberian motivasi oleh Faozin selaku Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang.

”Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil,” motivasi Faojin kepada para siswa.

Ia juga mengingatkan peserta didik agar membarengi usaha belajar dengan berdoa, karena menurutnya ada bagian usaha manusia yang disebut ikhtiar dan ada hasil penentu atau finalnya yaitu keputusan pasti dari Allah yaitu berupa takdir. Ia menandaskan bahwa doalah yang bisa merubah ketepan atau takdir, maka istighosah adalah sebuah ikhtiar yang dilakukan oleh sekolah melalui pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Ikut pula pada kegiatan doa bersama tersebut, guru dan juga Pimpinan Lembaga SMAN 10 Semarang.

Panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan doa bersama dilakukan dalam rangka bermunajat kepada Allah SWT agar peserta didik SMAN 10 Semarang diberikan kemudahan, kelancaram serta kesuksesan dalam menghadapi ujian sekolah. Selain itu harapan lebih lanjut adalah bisa diterimanya siswa-siswi SMAN 10 Semarang di perguruan tinggi yang diharapkan serta berhasil sukses dalam dunia kerja. (Fatkhurohman/NBA/bd)