Imam Suroso, Ingatkan Pentingnya Bersyukur Dalam Setiap Keadaan

Banjarnegara – Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender hijriah, yang pastinya akan dirayakan oleh seluruh umat muslim di dunia dengan berpuasa dan juga memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad. Puasa Ramadhan sebagai salah satu dari rukun Islam juga menjadi kegiatan ibadah yang selalu dirindukan kehadirannya.

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan persiapan kegiatan pesantren Ramadhan maka pada Rabu (30/3) MTs N 1 Banjarnegara mengadakan rapat dinas yang diikuti oleh seluruh guru dan pegawai. Bertempat di Aula Madtsansa, kegiatan ini akan membahas rangkaian kegiatan pesantren Ramadhan untuk seluruh siswa kelas VII dan VIII.

Sebelum rapat dinas dimulai, kultum selalu menjadi agenda pertama.  Imam Suroso, guru Bahasa Inggris MTs Negeri 1 Banjarnegara yang terjadwal bertugas menyampaikan materi kultum nampak begitu bersemangat.

Dalam kultumnya, Imam menyampaikan arti penting dari syukur. Menurutnya, syukur mempunyai makna yaitu berterima kasih dan menerima dengan sepenuh hati akan anugerah atau nikmat yang selalu Allah berikan kepada hamba-Nya.

“Kita tidak akan bisa menghitung, mengira berapa banyak nikmat yang telah Allah berikan. Mulai dari nikmat kesehatan, nikmat iman, nikmat masih bisa berpikir dan berbagai nikmat lagi yang tak bisa kita hitung satu persatu. Namun yang menjadi permasalahannya adalah mengapa kita terkadang tidak bisa bersyukur akan semua nikmat yang Allah berikan? dan mengapa kita sering berpikir bahwa nikmat itu hanya berupa materi atau uang saja,” jelasnya.

Sebagaimana firman Allah yang artinya adalah Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami menambah nikmat kepadamu dan jika kamu ingkari nikmatku maka sesungguhnya azabku sangat pedih.

“Maka dari itu, kita harus banyak bersyukur kepada Allah Swt. Apabila kita banyak bersyukur kepada Allah Swt, niscaya Allah akan menambah nikmat kepada kita, namun apabila sebaliknya kita mengingkari nikmat Allah, tidak mensyukuri nikmat Allah alias kufur, maka tunggulah azab dari Allah yang akan menghampiri kita. Naudzubillah Min dzalik.” Jelas Imam.

Diakhir kultumnya, Imam Suroso juga mengajak kepada seluruh civitas akademika MTs Negeri 1 Banjarnegara untuk terus bersyukur dan juga bertakwa kepada Allah Swt. terlebih kita akan dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan, bulan penuh barakah. (ran/ak/rf)