Jago Menulis, Ketua OSIM MTs N 1 Banjarnegara Sabet Juara 2 Kategori Cerpen Festival Literasi Nasional 2022

Banjarnegara – Gelaran puncak acara Festival Literasi Nasional 2022 dari program Gerakan Sekolah Menulis Bersama (GSMB) besutan Nyalanesia berlangsung sangat meriah meski menggunakan moda virtual pada Rabu (23/3).

Nyalanesia adalah sebuah platform yang menyajikan puluhan program literasi terintegrasi yang memfasilitasi Akademisi Indonesia untuk menerbitkan karya, belajar dan mengasah kompetensinya, serta meningkatkan karier, prestasi, dan kebermaknaan hidupnya.

Patut berbangga, MTs Negeri 1 Banjarnegara bisa ikut bergabung dengan program Nyalanesia ini dalam nafas kolaborasi. Menyertakan 60 peserta yang terdiri dari 50 siswa dan 10 GTK, MTs Negeri 1 Banjarnegara memperoleh hasil 1 karya siswanya berhasil merebut juara 2 kategori cerpen atas nama Khalilul Fahmi Al Fatimu.

Al panggilan akrab Khalilul, siswa kelas 7 kelas unggulan tahfidz MTs Negeri 1 Banjarnegara yang juga baru saja terpilih menjadi ketua Osim periode 2022/2023 mengaku sangat berbahagia sekaligus bangga bisa membawa nama Madtsansa di event literasi yang sangat bergengsi ini.

“Sangat bersyukur, Allah memberikan kesempatan saya bersekolah di Madtsansa yang benar-benar memfasilitasi seluruh kreativitas kami termasuk menulis ini. Dengan ikutnya Madtsansa pada banyak event nasional, maka otomatis kita para siswanya berpeluang meraih prestasi,” tuturnya penuh bahagia.

Pembimbing menulis cerpen, Risky Arbangi Nopi menyampaikan bahwa Khalilul memang memiliki bakat menulis.

“Al memang berbakat. Cerpennya yang berjudul Cahaya di Tanah Dua Benua ini sangat layak menjadi juara. Selamat!,” ungkapnya diruang guru.

Sementara Linara selaku guru koordinator GSMB ini mengungkapkan apresiasinya atas capaian ketua Osim yang juga penghafal Al-Qur’an.

“Alhamdulillah, cerpen Al berhasil membawa nama Madtsansa di ajang Festival Literasi Nasional. Sangat membanggakan dan semoga akan menginspirasi teman-temannya untuk terus bersemangat menuliskan karya,” ujarnya.

Masih menurut Linara, Nyalanesia yang berpusat di kota Solo adalah platform yang sedang memperjuangkan kota Solo sebagai kota Literasi dunia. Bergabungnya Madtsansa dalam gerakan Nyalanesia ini adalah sebagai bukti kepedulian dan dukungan MTs Negeri 1 Banjarnegara terhadap kemajuan Literasi dunia, Indonesia dan tentunya Madtsansa. (lin/ak/rf)