Jalin Komunikasi dengan Orang Tua Siswa, MTS N 4 Banjarnegara lakukan Home Visit

Banjarnegara – Dalam rangka menjalin silaturahmi dan komunikasi langsung dengan orang tua siswa, guru-guru di MTs Negeri 4 Banjarnegara mengadakan kunjungan ke rumah-rumah orang tua dan wali siswa. Kunjungan tidak ditentukan secara terjadwal, namun biasanya lebih diintensifkan di awal tahun atau di semester genap.

Komunikasi dengan orang tua tidak hanya dilakukan saat ada permasalahan menyangkut anak-anak mereka di madrasah, namun perlu dilakukan terus menerus secara intensif sehingga hubungan antara pihak madrasah dengan orang tua atau wali siswa berjalan  harmonis. Hal ini juga sekaligus sebagai sarana madrasah untuk menyerap aspirasi dari orang tua dan masyarakat serta untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang mungkin ada terkait pendidikan putra-putrinya maupun permasalahan lain menyangkut pelayanan madrasah.

“Silaturahmi ke rumah orang tua siswa sangat penting, dan memang kami anjurkan. Tidak hanya dilakukan oleh guru BK atau wali kelas saja, tapi semua guru perlu. Dengan kunjungan ke rumah-rumah maka kita tahu keadaan dan latar belakang para siswanya, tahu kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa, tahu keluhan-keluhan orang tua, sehingga kita bisa menyikapi segala sesuatunya dengan lebih bijaksana,” ungkap kepala madrasah, Sidik Wibowo Akhmad . 

Dalam kunjungan ke salah satu rumah siswa kelas VIII C MTsN 4 Banjarnegara, Dhamarjati Purnomosidi, Senin,(14/3) orang tuanya yang saat itu diwakili oleh sang ibu, Misyanti, sangat menyambut baik silaturahmi pihak madrasah. Dalam kesempatan kunjungan tersebut beliau menyampaikan terkait permasalahan kalau putranya belum bisa mengikuti lomba-lomba mata pelajaran secara online dikarenakan terkendala masalah fasilitas HP yang tidak mendukung.

Saat ditanyakan tentang kesan dan harapan terhadap MTsN 4 Banjarnegara, beliau menyampaikan apresiasi terhadap madrasah yang sudah sangat berkembang, banyak prestasi yang diraih juga, semoga ke depan lebih maju lagi.

“MTs sudah sangat baik, kegiatannya banyak, prestasinya juga banyak. Semoga ke depannya lebih maju lagi,” ujar Misyanti, orang tua dari Dhamar, siswa kelas VIII C, saat ditanya kesan dan harapan tentang MTsN 4 Banjarnegara.

Kegiatan home visit selain bertujuan silaturahmi dan komunikasi antara madrasah dengan wali siswa, sekaligus juga sebagai sarana sosialisasi tentang keberadaan dan program madrasah kepada masyarakat secara langsung. (khm/ak/rf)