Jeda Semester, MA Al Hidayah 1 Purwareja Klampok adakan Ekstra Fest 2022

Banjarnegara – Jeda Semester Genap MA Al Hidayah 1 Purwareja Klampok gelar Ekstra Fest dengan tema “Show Your Talent and Skill” pada Sabtu, (19/3). Ekstra Fest ini digelar pertama kalinya dengan tujuan agar siswa dapat menunjukkan bakat dan kemampuan yang sudah mereka dapatkan selama ekstrakulikuler berlangsung.

Kegiatan Ekstra Fest ini dilaksanakan di Halaman Madrasah dengan menggandeng MTs Riyadush Sholihin untuk ikut berpartisipasi sebagai pengisi acara. Adapun pada kegiatan ini terdapat 11 penampilan ekstrakurikuler di MA Al Hidayah diantaranya, Seni Tilawah, Rebana, Pencak Silat Pagar Nusa, Seni Musik (Band), Kitab Kuning, Tari dan Kentungan, PMR, Stir Mobil, Multimedia, dan Pramuka, sedangkan MTs Riyadush Sholihin menampilkan Drum Band dan Rebana.

Kepala Madrasah, Basirun Akhmad dalam acara ini menyampaikan agar siswa terus mengasah potensi yang mereka miliki di dalam ekstrakulikuler dan menampilaknnya di acara-acara seperti ini.

“tujuan adanya ekstrakurikuler untuk menggali potensi yang ada pada diri siswa, nah kegiatan seperti ini sebagai wadah untuk mengembangkan potensi yang kalian miliki dan yang sudah kalian tekuni di masing-masing ekstrakurikuler yang kalian minati, dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut untuk tahun berikutnya,” terangnya.

Pengawas MTs/MA Kabupaten Banjarnegara turut hadir untuk memeriahkan kegiatan Ekstra Fest yang digelar MA Al Hidayah. Dalam sambutannya, Pengawas MTs/MA Kabupaten Banjarnegara, Nurlaela Isnaeni memberikan apresiasi terhadap MA Al Hidayah atas diselenggarakannya acara ini, dan memberikan motivasi agar tahun depan bisa mengundang SD/MI dan SMP/Mts dilingkungan sekitar.

“MA Al Hidayah banyak mengadakan kegiatan-kegiatan di luar KBM, setelah kemarin mengadakan kegiatan berupa akademik yaitu Try Out untuk Persiapan US/UM SMP/MTs, sekarang juga mengadakan kegiatan non-akademiknya. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang bagus sekali, dalam kegiatan ini juga tidak hanya penampilan saja, saya melihat anak-anak ada yang berjualan jajanan dengan kearifan lokal,” jelasnya.

Pada kegiatan Ekstra Fest ini tidak hanya berupa penampilan dari masing-masing ekstra saja, tetapi sekaligus untuk mempraktikkan dari salah satu mata pelajaran yaitu Prakarya dan Kewirausahaan (prakewi) dimana siswa kelas XII dari masing-masing kelas membuat beberapa makanan dan minuman. Siswa langsung menjualnya kepada penonton Ekstra Fest baik Guru maupun siswa MA dan MTs, adapun makanan dan minuman yang mereka buat diantaranya, burger, cimoring, combro, es cincau dan lain sebagainya dengan harga yang sangat terjangkau. (ma/ak/rf)