Jelang UM, Ikhsanudin Bagikan Tips Belajar Ala Harry Potter

Banjarnegara – Terinspirasi dengan salah satu tokoh dalam film fantasi Harry Potter, Ikhsanudin selaku Waka Kesiswaan MTs N 1 Banjarnegara menyebut bahwa ada salah satu tokoh yang bisa menginspirasi para peserta didik karena dikenal cerdas dalam hal belajar, serta memiliki pengetahuan yang luas.

Tokoh yang dimaksud Ikhsanudin adalah Hermione Granger, sahabat dekat Harry Potter. Dengan mengenalkan tokoh tersebut, Ikhsanudin berharap pada pelaksanaan UM (Ujian Madrasah) yang akan dilaksanakan pada hari ini Senin, (21/3/22) para peserta didik mampu meniru gaya belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Saat berada di sekolah sihir Hogwarts, ia dikenal oleh teman dan gurunya sebagai siswa yang cepat memahami materi dan berpikir matang. Nah dengan mencontoh tokoh tersebut, para peserta didik semoga bisa meniru gaya belajar dan kepribadiannya melalui film fiksi tersebut,” tandas Ikhsanudin saat diwawancarai di MTs N 1 Banjarnegara pada Sabtu, (19/3/22)

Lebih lanjut, lelaki yang akrab disapa Ikhsan juga membagikan tips belajar yang bisa dicontoh dari Hermione Granger. Apa saja tipsnya?

“Rajin membaca, banyak scene pada film Harry Potter saat di sekolah menunjukkan Hermione sering membawa buku ke mana-mana. Apakah peserta didik MTs N 1 Banjarnegara sudah membaca materi-materi UM hari ini?” ujarnya.

Memang, tokoh Hermione biasanya menghabiskan waktu dengan membaca buku. Selain itu, sering juga diperlihatkan bahwa Hermione selalu antusias dan aktif saat kegiatan belajar di kelas. Kebiasaan Hermione ini bisa ditiru agar siswa bisa belajar untuk menambah wawasan.

Dan tips yang kedua, Ikhsan menyebut bahwa para peserta didik harus didorong dengan selalu menerapkan untuk sering membuat catatan.

“Karena dengan mencatat, otak akan lebih mudah menyerap materi yang dipelajari ketimbang hanya dengan membaca atau mendengarkan,” ucapnya

Dan yang terakhir, Ikhsan juga menyebut bahwa di dalam tokoh Hermione pernah mengatakan pada Harry dan Ron, jika mereka tidak akan pernah bisa melafalkan mantra apabila belum bisa mengayunkan tongkat sihir dengan benar.

“Hermione mengajarkan bahwa untuk memahami suatu hal, penting untuk mempelajari hal dasar terlebih dahulu. Kemudian lakukan itu dan berlatih sampai kamu benar-benar telah menguasai materi itu,” harapnya.

Belajar memang harus fokus, tapi bukan berarti kamu harus terus menghabiskan semua waktu untuk memahami pelajaran. (ran/ak/rf)