Jumat Berkah Periode Kedua

Semarang, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Semarang kembali gelar acara Jumat berkah bagi warga atau masyarakat sekitar madrasah, pada Jumat (18/3/2022).

Kegiatan amal digagas oleh Tim Humas dan Sosial MTsN 2 Kota Semarang.

Jumat berkah kali ini diwujudkan dalam bentuk pembagian nasi kotak kepada pengguna jalan di sekitar madrasah.

“Kami bagikan nasi kotak di depan gerbang madrasah. Bagi masyarakat yang lewat, siapapun, boleh mengambil atau menerimanya,” tutur Imam Santoso selaku Waka Humas MTsN 2 Kota Semarang.

“Alhamdulillah pada periode kedua ini, sedekah Jumat berkah yang terkumpul lebih banyak dari kegiatan Jumat berkah periode sebelumnya. Sedekah tersebut kami wujudkan kesemuanya dalam bentuk nasi kotak,” imbuh Imam Santoso.

Ia menuturkan bahwa pengggalangan sedekah dilakukan kepada guru dan karyawan di lingkungan MTsN 2 dengan sistem sukarela dan bekerja sama dengan Shofa Catering.

“Tidak ada paksaan bagi yag ingin bersedekah, seikhlasnya. Gerakan ini sebagai bentuk ajakan rasa syukur guru dan karyawan atas segala nikmat dan rahmat yang telah Allah berikan, dengan berbagi rejeki kepada orang lain. Insya Allah pasti membawa manfaat dan kebaikan bersama,” terang Imam Santoso.

Pembagian nasi kotak dilaksanakan selepas kegiatan shalat Jumat, dibagikan kepada pengguna jalan di sekitar madrasah setempat.

Menurut Kepala Madrasah, Ahmad Alfan, kegiatan ini menjadi ajang syiar pula bagi masyarakat sekitar, serta ajakan untuk menebar kebaikan kepada sesama.

“Sedekah iya, syiar iya. Sekali dayung, dua pulau terlampaui, begitu harapannya,” tutur Alfan.

“Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat sekitar, serta bernilai ibadah dan membawa keberkahan bagi kita semua,” pungkasnya. (Mursyid/NBA/bd)