Kasi Penmad Gelar Rakor Percepat Pencairan BOP RA

Kota Magelang  – Di Aula Kantor Jl. Uripsumoharjo no. 106 Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara, hari ini di langsungkan rapat kordinasi yang diinisiasi oleh Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Magelang. Rakor dengan agenda bimbingan teknis Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bagi Raudlatul Atfhal (RA).(Kamis,24/3).

Kepala Kankemenag Kota Magelang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan rakor ini untuk bimbingan teknis dan percepatan pencaian serta meningkatkan manajemen pengelolaan terkait dengan BOP pada Raudhatul Athfal (RA).

“Harapan saya ini nantinya mulai dari persyaratan pencairan, pembelanjaan yang harus sesuai dengan kebutuhan madrasah yang memiliki target untuk peningkatan mutu, sampai pada pelaporan nantinya di kerjakan dengan baik sesuai dengan juknis yang ada serta dikerjakan secara tuntas dan tepat waktu.” Ujar Sofia Nur

Kepala Kankemenag Kota Magelang juga mengajak para Kepala RA lebih cekatan dan beradaptasi dengan situasi saat ini yang mana perkembangan digital era revolusi industri 4.0 semakin meningkat salah satunya Dana BOS dan RKAM yang saat ini sudah menggunakan aplikasi mulai dari perencanaan sampai pada pelaporan nantinya dan tidak bersifat manual lagi.

Disesi berikutnya Kasi Penmad memberikan materi tentang prosedur pencairan hingga pelaporan BOS Tahun 2022 secara detail. Sebelumnya ia mengatakan  “Rakor ini diadakan untuk kesiapan dan percepatan pencairan BOP RA serta meminimalisir kesalahan penggunaan dana,” tegas Arif Yudha Himawan.

Selain itu Kasi Penmad juga mengingatkan kepada seluruh penanggung jawab dana BOP agar benar-benar memperhatikan petunjuk teknis Dirjen Pendis Nomor 6065 tahun 2021. “Pelajari Juknis BOP secara tuntas, cermati komponen pembiayaan, buat laporan pertanggung jawaban pengelolaannya. Para Kepala RA harus mengedepankan 5T yakni Tepat aturan, Tepat waktu, Tepat jumlah, Tepat sasaran dan Tepat penggunaan. Jika ada yang belum bisa difahami segera sampiakan ke admin agar tidak menimbulkan salah tafsir,” terangnya kemudian.

Rakor yang dihadiri oleh 15 kepala RA se-Kota Magelang beserta adminnya tersebut diharapkan disamping memberikan pencerahan ketika akan melakukan pencairan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangannya. Diharapkan pula dapat menjadi pemacu percepatan pencairan BOP RA di Kota Magelang. (Hari/rf)