Kemenag Banjarnegara adakan Pembekalan Teknik Penyusunan Soal UM

Banjarnegara –  MANDABARA (MAN 2 Banjarnegara) mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan pembekalan teknik penyusunan soal Ujian Madrasah (UM) tahun 2022, Selasa, (1/3). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara tersebut mengundang sejumlah perwakilan guru dari jenjang MTs maupun MA se-Kabupaten Banjarnegara.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara, Sumarna menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini. “Kegiatan ini kami tujukan untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh bagaimana kita menyusun soal UM yang benar-benar bisa menjadi tolok ukur sekaligus bahan evaluasi dan penilaian bagi peserta didik,” harapnya.

Sumarna menambahkan penyusunan soal nanti juga harus mempertimbangkan ketercapaian materi bagi peserta didik.  

“Mengingat proses pembelajaran yang dilalui peserta didik di masa pandemi ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya luring, sekarang sebagian besar dilakukan secara daring, maka dalam penyusunan soal, hal ini bisa dipertimbangkan,” imbuhnya.

Sementara Ridlo Pramono, Ketua Panitia kegiatan sekaligus Kepala MAN 2 Banjarnegara menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta yang hadir. “Selamat datang di MAN 2 Banjarnegara Bapak Ibu semua. Mohon maaf apabila dalam penyambutan masih terdapat kekurangan di sana sini. Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berusaha menyukseskan kegiatan ini,” jelasnya.

Masih menurut Ridlo, salah satu tujuan dari kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi. “Alhamdulillah, melalui kegiatan ini, kita juga bisa menjaga silaturahmi antar sesama guru baik jenjang MTs maupun MA, yang mungkin kemarin-kemarin terkendala pandemi, kita sekarang diberi kesempatan untuk berjumpa lagi,” tambahnya.

Selama kegiatan, peserta tampak antusias mengikuti pembekalan, mulai dari pembukaan di ruang pertemuan sampai pada acara penutupan yang digelar secara terpisah masing-masing jenjang di ruang kelas. (ta/ak/rf)