Keseruan Rakor Tim Website Kemenag Kota Semarang

Semarang, Tim Website Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang beranggotakan perwakilan pegawai dari masing-masing unit kerja, baik dari seksi dan penyelenggara maupun dari unsur madrasah negeri dan swasta.

Tujuan awal pembentukan Tim Website tersebut guna pemenuhan pemberitaan tentang tugas dan fungsi (tusi) Kemenag secara keseluruhan.

Pada tahun 2019, Tim Website Kemenag Kota Semarang berhasil meraih predikat sebagai kontributor penulisan berita terbanyak pada website Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Jateng.

Paparan tersebut disampaikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kemenag Kota Semarang dalam kegiatan rapat koordinasi (rakor) yang digelarnya pada Rabu (23/3/2022) di Rumah Makan Apung Kampung Laut Semarang.

Seluruh anggota tim yang hadir pada rakor tersebut nampak bahagia karena bisa bersua secara langsung setelah sekian lama hanya berkomunikasi melalui whatsApp Group.

“Kangen bertemu dengan rekan-rekan, biasanya hanya bertegur sapa melalui chating online. Dengan ketemu langsung begini, bisa saling bertukar informasi dan berbagi ilmu dan pengetahuan, sebagaimana tadi yang telah disampaikan Mas Arya dan Pak Amhal,” tutur M. Faojin salah satu Tim Website.

Hal serupa diutarakan pula oleh Mursyid, seorang anggota tim yang berasal dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Semarang.

“Momen ini menjadi ajang berburu ilmu dari sang maha guru, Pak Amhal dan rekan-rekan lainnya,” ujarnya.

Dintha Muhammad Kurnia sang master of ceremony memandu pelaksanaan kegiatan rakor dengan serius tapi santai, penuh dengan keceriaan dan canda tawa tetapi penuh makna.

“Sering-sering saja rakor seperti ini, penuh manfaat, dan memberikan penghiburan bagi peserta kegiatan,” tutur Abdul Ghafur yang ikut hadir dalam rakor tersebut.

Tempat pelaksanaan kegiatan yang berada di pesisir pantai utara Kota Semarang, menambah kesyahduan pertemuan anggota tim.

“Angin yang berhembus sepoi-sepoi, suasana yang tenang, nuansa laut yang begitu kental, membawa kami kedalam kedamaian sehingga bisa melepaskan sejenak hiruk-pikuk aktivitas keseharian, sehingga bisa menyegarkan pikiran untuk memantik ide-ide dalam penulisan berita,” seloroh Fitri peserta dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Semarang.

Pada kegiatan ini, Kepala Kankemenag Kota Semarang ikut hadir memberikan pengarahan agar Tim Website mampu membawa website Kemenag Kota Semarang menjadi website yang proper.

Ada pula pemaparan teknik pengelolaan website oleh Arya Maulana, kode etik jurnalistik oleh Amhal Kaefahmi serta pemberian motivasi peningkatan produktivitas Tim Website oleh Nova Budi Aristin.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama yang diabadikan di pinggir dermaga Rumah Makan Kampung Laut.(NBA/bd)