KKG PAI Kecamatan Ngaliyan Persiapkan Lomba MAPSI dan Agenda Kegiatan Bulan Ramadhan

Semarang, Selasa (8/3/2022) Darlin selaku Pengawas Pendidikan Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang lakukan pembinaan pada kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kecamatan Ngaliyan.

Bertempat di SD Negeri Kalipancur 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, kegiatan diikuti oleh GPAI se-Kecamatan Ngaliyan.

Ketua KKG PAI Kecamatan Ngaliyan, Siti Rosyidah dalam sambutannya menyampaikan agenda pertemuan kali ini adalah untuk membahas persiapan dalam menghadapi lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) tingkat Kota Semarang dan penyusunan agenda kegiatan selama bulan Ramadhan.

“MAPSI akan digelar pada 15 Maret mendatang, untuk tempat akan kami informasikan lebih lanjut,” tutur Siti Rosyidah.

Selaku tuan rumah, Kepala SDN Kalipancur 02 Vanda Estetika Siswandari, mendukung dan siap memfasilitasi kegiatan  GPAI Kecamatan Ngaliyan.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Wardoyo selaku Koordinator Satuan Pendidikan (Korsatpen) Kecamatan Ngaliyan. Dalam sambutannya ia menuturkan peran penting GPAI dalam pembentukan karakter peserta didik.

“KKG PAI adalah sebuah bengkel bagi GPAI dalam menyiapkan pebelajaran di kelas, untuk itu jadikan wadah ini sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran guna pembentukan karakter peserta didik,” ujarnya.

Darlin dalam pembinaannya mengimbau kepada GPAI Kecamatan Ngaliyan untuk mendorong dan melakukan pendampingan bagi peserta didiknya agar dapat mempertahankan prestasi pada ajang lomba MAPSI mendatang.

“Tahun lalu Kecamatan Ngaliyan berhasil menjadi juara umum pada lomba MAPSI tingkat Kota Semarang, mari kita berikan support dan pembinaan kepada anak didik kita, agar prestasi tersebut dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan,” imbau Darlin.

Pada pertemuan ini GPAI telah menetapkan kandidat/calon peserta MAPSI yang akan mewakili Kecamatan Ngaliyan pada masing-masing cabang perlombaan.

Selain itu, pada kesempatan ini Darlin juga mengucapkan selamat kepada GPAI yang lolos Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), untuk itu ia mengajak mereka untuk bersyukur atas segala kemurahan yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Pada bagian lain, GPAI Kecamatan Ngaliyan bersepakat akan melaksanakan beberapa kegiatan selama bulan Ramdhan, diantaranya kegiatan istighosah, pesantren Ramadhan, tarawih keliling (tarling), peringatan nuzulul qur’an, khotmil qur’an, pengumpulan dan pentasarufan ZIS (zakat, infak dan sedekah), serta halal bi halal. (Darlin/NBA/bd)