KKG PAI SD Kecamatan Semarang Utara Siap Hadapi MAPSI  Tingkat Kota Semarang

Semarang, Senin (8/3/2022) Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Islam (PAI) SD Kecamatan Semarang Utara adakan pertemuan di SD Negeri Kuningan 03 Kecamatan Semarang Utara yang diikuti oleh GPAI SD se-Kecamatan Semarang Utara.

Kegiatan diawali dengan pembacaan asmaul husna yang dipimpin oleh GPAI Nur Khappipuddin, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, penyampaian sambutan-sambutan, pembinaan oleh Pengawas PAI, dan diakhiri dengan sesi diskusi. Sedangkan GPAI Abdullah Auhad bertindak secara apik sebagai pembawa acara.

Wakil Kepala SDN Kuningan 03, Suwarni dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf, karena Kepala Sekolah tidak bisa hadir dikarenakan ada tugas kedinasan lain yang tak dapat ditinggalkannya. Selaku tuan rumah ia juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam penerimaan/peyambutan peserta kegiatan KKG PAI SD masih terdapat kekurangan. Ia berharap besar agar KKG memberikan manfaat tidak hanya bagi guru tetapi juga siswa.

Senada dengan penuturan Suwarni, Gunawan Widayadi selaku Ketua KKG PAI SD Kecamatan Semarang Utara juga menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan KKG dapat memberikan tambahan pengetauan/ilmu yang bermanfaat.

Pada pertemuan ini, dilakukan pula pembinaan oleh Pengawas PAI Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, Darlin, yang menyampaikan pesan pentingnya peran aktif bagi GPAI sebagai agen moderasi beragama dan menanamkan rasa cinta Alquran bagi peserta didiknya.

Salah satu agenda kegiatan kali ini adalah pembahasan persiapan dalam menghadapi lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) tingkat Kota Semarang.

M. Zacky Shebubakar mewakili Panitia MAPSI Kecamatan Semarang Utara menuturkan bahwa telah menetapkan peserta perwakilan dari Semarang Utara untuk mengikuti ajang MAPSI tingkat Kota Semarang mendatang. Ia juga berpendapat pentingnya dilakukan pembinaan berkelanjutan bagi peserta MAPSI agar dapat menjadi juara dalam ajang dimaksud.

“InsyaaAllah persiapan sudah matang. Anak-anak ini telah kami latih dan beri motivasi untuk semangat dalam meningkatkan kompetensinya. Untuk pendaftaran kepesertaan, sudah dilakukan secara online melalui link yag telah disediakan,” ujar Zacky.

Wastrini GPAI yang baru saja bergabung dalam KKG PAI SD Kecamatan Semarang Utara, pada pertemuan ini berkesempatan memeperkenalkan diri.

Agenda lain dari pertemuan ini adalah pebahasan persiapan memasuki Ramadhan 1443 H.

“KKG PAI SD Kecamatan Semarang Utara akan membagikan buku panduan Ramadhon. InsyaaAllah selama bulan Ramadhon, kami akan dilakukan amalan rutin berupa tadarus Alquran. Selain itu kami juga  agendakan kegiatan Halal biahalal,” tutur Muh Nursaid  GPAI Kecamatan Semarang Utara. (Darlin/NBA/bd)