Lantunan Alquran Bergema di Kampus MTsN 2 Kota Semarang

Semarang, Jumat pagi (18/3/2022) di halaman Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Semarang bergema lantunan ayat-ayat Alquran nan syahdu dan membahana.

Bacaan qur’an dilakukan secara bersama-sama oleh keluarga besar MTsN 2 Kota Semarang, dalam rangka menyambut bulan Ramadhan dan memperbanyak amalan di bulan Syaban.

Kegiatan diawali dengan shalat dhuha, kemudian pembacaan asmaul husna, khotmil qur’an dan dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala Madrasah.

Ahmad Alfan selaku Kepala MTsN 2 Kota Semarang dalam pembinaannya berpesan kepada jajaran dan siswa didiknya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi bulan Ramadhan, salah satunya dengan memperbanyak amalan di bulan Syaban.

“Bulan Syaban ibaratnya seperti bulan latihan sebelum kita memasuki bulan suci Ramadhan, namanya juga bulan latihan maka harus memperbanyak amalan-amalan di bulan Syaban sebagaimana yang dianjurkan dikerjakan di bulan Ramadhan, seperti memperbanyak membaca Alquran, shalat sunah, serta ibadah-ibadah sunah lainnya,” tutur Ahmad Alfan.

Pada bagian lain, Ahmad Alfan mengatakan bahwa kegiatan ini mengajarkan kepada anak-anak untuk memuliakan bulan Syaban sebagaimana bulan-bulan yang istimewa lainnya dalam Islam, terlebih dalam menghadapi nisfu Syaban, dimana malam yang penuh keberkahan yang sebaiknya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai ibadah.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam khotmil qur’an, para guru, pegawai dan siswa menghatamkan bacaan 30 juz.

Kegiatan ibadah pagi ini, diakhiri dengan tahlil dan doa bersama. (Mursyid/NBA/bd)