Lewat Program 3S, MI Al Fatah Parakancanggah Siap Bangun Ruang Kelas Mandiri

Banjarnegara – MI Al Fatah Parakancanggah pada semester 2 tahun ajaran 2022/2023 sedang melaksanakan pengembangan pembangunan kelas baru. Pembangunan ini untuk memenuhi fasilitas ruang kelas yang masih kurang dengan dana swadaya dan dana bantuan. Pembangunan sedang berjalan dan diperkirakan dalam semester 2 ini bisa terselesaikan dan dapat digunakan pada tahun ajaran baru, Sabtu, (12/3)

Saat ini ruang MI Al Fatah baru memiliki 12 ruang kelas yang berada di gedung selatan. Sementara dengan jumlah siswa 665 membutuhkan 28 ruang kelas. sehingga masih ada kekurangan 16 ruang kelas. Sementara bagi kelas yang belum mendapatkan ruang sendiri, masih meminjam ruang TPQ Pondok Pesantren Al Fatah Parakancanggah.

Pembangunan tersebut tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Durotun Nafisah selaku kepala madrasah menyampaikan jumlah dan sumber anggaran untuk 2 ruang kelas.

“Untuk biaya pembangunan 2 ruang kelas memerlukan biaya Rp. 409.000.000. Dana tersebut berasal dari laba kas buku dan kas koperasi sebesar Rp. 200.000.000, bantuan dari Anggota DPR Fraksi PKB Gus Wahid sebesar Rp. 70.000.000 dan sisanya Rp. 139.000.000 akan ditutup oleh program madrasah yaitu 3S (Sehari Sedekah Seribu) yang didapat dari siswa yang setiap hari mereka bersedekah Rp. 1.000 yang 100% hasil sedekah tersebut digunakan untuk pembangunan madrasah,” terangnya

Untuk pengembangan pembangunan gedung ke depannya secara bertahap.

 “Kami untuk saat ini baru akan membangun 2 ruang kelas, dan akan didak untuk 3 ruang. Kenapa dak untuk 3 ruang, karena pembangunan 2 ruang meneruskan 1 ruang yang sudah dibangun terlebih dahulu. Pembangunan ruang kelas tentunya akan kami selesaikan secara bertahap sampai terpenuhi semua kebutuhan ruang kelas terpenuhi, dengan biaya yang terkumpul,” imbuhnya

Persiapan peletakan batu pertama pembangun ruang dihadiri oleh wali murid yang diwakilkan oleh ketua paguyuban kelas, komite, yayasan, dan segenap dewan guru MI Al Fatah Parakancanggah. Acara tersebut berjalan dengan lancar tanpa terkendala suatu apapun.

Proses pembangunan sedang berlangsung dan diharapkan segera terselesaikan sesuai rencana seperti yang disampaikan ketua panitia pembangunan.

Semoga tahun depan ruang kelas semakin bertambah sehingga seluruh siswa MI Al Fatah dapat belajar dengan nyaman dan tercukupi sarana prasarana ataupun fasilitas lainnya. (fit/nas/rf)