Lewat Suara Emas 5 Srikandi, MTs N 1 Banjarnegara Raih Juara 2 Musikalisasi Puisi Ajang Sonic Linguistic 2022

Banjarnegara – Tim musikalisasi puisi MTs N 1 Banjarnegara meraih juara kedua pada lomba “Musikalisasi Puisi Tingkat MTs/SMP, SMA/MA se-Indonesia” setelah melalui tahap penyisihan dan tahap final.

Sonic Linguistic yang digelar oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Serpong, Tangerang Selatan merupakan perhelatan akbar kompetisi di bidang sains, teknologi, jurnalistik, bahasa, seni budaya, dan olahraga. Kompetisi itu rutin diadakan setiap tahun dengan peserta dari tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-Indonesia. Pada tahun ini, jumlah peserta kurang lebih 1.300 siswa.

Anang selaku pembimbing dari tim musikalisasi puisi yang beranggotakan Namila, Yona, Suci, Jasmine dan Vanina ini menyebut bahwa mereka hanya perlu didorong untuk menemukan passion. Dari kelima siswi tersebut, Anang menemukan kesamaan passion yaitu kecintaan terhadap musik.

“Lomba Musikalisasi puisi diharapkan bisa mendidik generasi muda untuk lebih memahami dan merenungkan kembali isi alam semesta, sebab seni pentas atau seni panggung adalah sebuah kristalisasi kehidupan yang sebenarnya,” kata Anang saat diwawancarai di MTs N 1 Banjarnegara pada Senin, (28/3/22)

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dengan mengikuti lomba secara online ini, dapat mewadahi kreativitas remaja, khususnya pelajar MTs N 1 Banjarnegara.

Disisi lain, Eko Widodo selaku kepala MTs N 1 Banjarnegara menjelaskan, bahwa anak didik Madtsansa sekarang memang sangat aktif untuk mengikuti kegiatan akademik maupun non akademik.

“Ini buah dari ikhtiar anak-anak aktif mengikuti kompetisi. Saya harap prestasi ini terus dipertahankan bahkan lebih baik lagi kedepannya,” tandasnya.

Bahkan, beliau mendorong siswa/siswi Madtsansa lain yang belum aktif untuk segera menyusul teman-temannya yang aktif.

“Minimal mendapatkan pengalaman, itu akan membentuk karakter dikemudian hari,” terangnya. (ran/ak/rf)