Metrobara Dominasi Juara Mapel dalam Gelaran Semarak Mansabara

Banjarnegara – Gelaran Semarak Mansabara merupakan lomba-lomba yang digelar oleh MAN 1 Banjarnegara yang ditujukan kepada peserta didik SMP/MTs se-Kabupaten Banjarnegara. Gelaran Semarak Mansabara dilaksanakan pada tanggal 16-17 Maret 2022 di MAN 1 Banjarnegara.

Dalam pidatonya pada acara pembagian hadiah di halaman MAN 1 Banjarnegara (17/3), Sunaryo selaku kepala MAN 1 Banjarnegara,  menjelaskan terkait lomba tersebut.

“Gelaran Semarak Mansabara merupakan gelaran yang rutin dilaksanakan setiap tahun, namun 2 tahun terakhir kami vakum tidak mengadakan kegiatan ini karena adanya pandemi. Dan pada tahun ini kami mengadakan acara ini guna mencari dan menjaring bakat serta potensi yang dimiliki peserta didik SMP/MTs di Kabupaten Banjarnegara. Pada tahun ini kami mengadakan beberapa lomba diantaranya lomba mapel terintegrasi, pidato bahasa Indonesia, Story Telling, dan pop song,” jelasnya.

MTs Negeri 2 Banjarnegara yang juga diundang untuk memeriahkan Gelaran Semarak Mansabara, mengirimkan beberapa peserta didik untuk mengikuti beberapa lomba, salah satunya lomba mapel terintegrasi. Lomba mapel terintegrasi ini merupakan lomba mapel yang terdiri dari mapel matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan PAI. Lomba mapel terintegrasi tersebut  diikuti oleh 63 peserta dari berbagai SMP/MTs di Kabupaten Banjarnegara dan ada juga yang dari kabupaten Purbalingga.

Tiga peserta yang dikirimkan MTs Negeri 2 Banjarnegara untuk mengikuti lomba mapel terintegrasi diantaranya Anindya Zada Zahrani dari kelas IX A, Farah Alya Mufidah dari kelas IX A, dan Falikhatul Munawaroh kelas VIII A.

Salah satu peserta mengaku sedikit grogi dalam mengikuti lomba tersebut.

“Saya sangat antusias, namun sedikit grogi mengikuti lomba ini, karena lomba dilakukan secara langsung, selama ini kita biasanya hanya ikut lomba-lomba daring yang dikerjakan di rumah”. ungkap Falikhatul saat ditemui di lokasi lomba.

Arba Finda Sejati selaku salah satu pembimbing menjelaskan saat persiapan menjelang lomba.

“Dalam mempersiapkan lomba ini, ada beberapa kendala diantaranya waktu yang mepet dan porsi latihan yang kurang, kami mencoba memaksimalkan latihan ditengah-tengah kegiatan PAT dan PTS yang berlangsung menjelang kegiatan lomba ini”.

Dalam lomba mapel terintegrasi tersebut diambil enam juara. MTs Negeri 2 Banjarnegara berhasil mendapatkan 2 juara yaitu juara 3 dan juara harapan 1. Juara tersebut didapat oleh Farah Alya Mufidah sebagai juara 3 dan Falikhatul Munawaroh sebagai juara harapan 1.

“Meskipun tidak mendapat juara pertama tapi saya sangat bangga dengan apa yang diperoleh anak-anak, karena di situ kita berhasil mendominasi perolehan juara dengan menyumbangkan 2 juara dalam ajang tersebut, terlepas dari SMP Negeri 1 Banjarnegara yang juga sama-sama menyumbangkan 2 juaranya. Jadi bisa kita simpulkan bahwa kualitas pendidikan yang ada di MTs Negeri 2 Banjarnegara, mampu bersaing dengan SMP Negeri 1 Banjarnegara yang notabene sebagai salah satu sekolah favorit di Banjarnegara,” pungkas Kholidun yang juga merupakan pembimbing mapel matematika. (sh/swp/ak/rf)