MGMP Akidah Akhlak Kabupaten Banjarnegara Susun Soal UM Berkualitas

Banjarnegara -Tenaga Pendidik MTs Negeri dan Swasta Banjarnegara hadiri pertemuan rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran  (MGMP) mata pelajaran Akidah Akhlak, Selasa,(1/3)

Pertemuan ini dalam rangka Menyusun Soal Ujian Madrasah se kabupaten Banjarnegara, rutin setiap tiga bulan sekali.

Jumlah peserta MGMP tingkat Kabupaten, 23 guru kelas 7 sampai dengan kelas 9. Mereka mewakili setiap madrasah yang ada di kabupaten.

Berbagai persiapan telah dilakukan ketua penyelenggara. Mulai dari tempat, hingga teknik pelaksanaan dan pembagian tugas pembuatan soal kepada guru utusan dari masing-masing Madrasah.

Agenda pertemuan rutin ini membahas mengenai bedah kisi-kisi dan pembuatan soal Ujian Madrasah (UM) untuk kelas IX tahun pelajaran 2021/2022.

Pelaksanaan ujian madrasah yang sudah dijadwalkan bulan Maret ini. Dengan persiapan ang matang diharapkan kualitas soal yang dibuat akan lebih berkualitas.

Ikhsanudin selaku Ketua MGMP Akidah Akhlak MTs Negeri  Banjarnegara menjelaskan ia berharap kepada guru-guru madrasah  yang hadir  agar bisa semaksimal mungkin dalam membuat soal. Kekompakan harus tetap terjaga. Antar guru MTs Negeri harus bisa bekerja sama dengan swasta walaupun Guru Negeri minoritas.

“Melihat ujian kali ini yang akan dinilai yaitu pengetahuan dan keterampilan jadi kita harus ada penyamaan persepsi dalam pembuatan soal,” ucapnya

Laila Isnaini selaku pengawas Madrasah MTs Negeri 2 Banjarnegara menyetujui apa yang menjadi ide ketua MGMP Akidah Akhlak.

“Pertemuan hari ini sangat membantu dan memudahkan kami untuk monitoring pelaksanaan ujian Madrasah nantinya,” ungkapnya.

Disela-sela kegiatan tersebut para peserta MGMP juga mendiskusikan tentang  kendala utama minat belajar siswa terhadap pembelajaran Akidah Akhlak.

Mapel Akidah Akhlak selama ini memang sering dianggap gampang. Oleh karena itu peserta MGMP mendiskusikan upaya-upaya yang dapat dilaksanakan agar pembelajaran Akidah Akhlak selalu menyenangkan dan siswa mudah untuk memahami serta mudah mempelajarinya.

Banyak harapan yang disampaikan dalam acara tersebut, salah satunya adalah Mansyur, selaku guru Akidah Akhlak dari MTs Swasta Karang Kobar Banjarnegara.

“Semoga hasil MGMP dapat meningkatkan kualitas soal dan mutu yang dihasilkan. Khususnya mata pelajaran Akidah Akhlak,” pungkasnya. (es/dw/rf)