Mukhlis Abdillah Gunakan Hak Suaranya dalam Pemilihan Pengurus Koperasi

Semarang, Kamis (31/3/2022) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Tulus Karya Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang tidak hanya menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 tetapi juga Pemilihan Pengurus Baru untuk Periode 2022-2024.

Bertempat di Hotel Plaza Semarang, kegiatan diikuti oleh seluruh anggota KPRI Tulus Karya baik dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas pada kantor kota, Kantor Urusan Agama (KUA) maupun madrasah, sebanyak kurang lebih 307 peserta.

Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka langsung, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes).

Hadir Kepala Kantor Kemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah. Dalam sambutannya ia mengucapkan selamat kepada peserta kegiatan untuk mengikuti RAT dan pemilihan pengurus.

“Selamat memilih pengurus sesuai dengan kriteria yang Bapak/Ibu harapkan. Tentunya kita berharap, pengurus yang terpilih adalah sosok yang mumpuni, dapat membawa kebaikan dan kesejahteraan bagi anggotanya,” tutur Mukhlis.

Pada kesempatan ini, Mukhlis menyampaikan pesan agar pengurus terpilih yang dipercaya oleh anggota, harus mempunyai terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

“Kami imbau kepada pengurus terpilih nantinya, bisa membuat program kerja baik jangka pendek maupun jangka panjang yang bisa memajukan atau mengembangkan koperasi, meningkatkan kesejahteraan anggota, salah satunya melalui peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU),” ujar Mukhlis.

“Regenerasi atau reorganisasi merupakan hal yang lumrah, harus selalu ditanggapi dengan positif. Semoga kepengurusan yang baru dapat melanjutkan program kerja yang telah disusun sebelumnya oleh pengurus atas persetujuan anggota melalui RAT. Selain itu semoga kepengurusan baru dapat meningkatkan kesejahteraana dan kemaslahatan bagi anggotanya,” imbaunya.

Dalam kegiatan ini dilakukan pula pengundian hadian kupon belanja dari anggota dan pembagian dorprise.

“Saya lihat disini banyak sekali hadiah undian dan dorprise, perlu kita perhatikan bahwa pemenuhan hadiah maupun dorprise ini jangan sampai mengambil dari modal, tetapi diambilkan dari laba koperasi yang diperolehnya selama beroperasional dalam jangka waktu satu tahun,” ungkapnya.

Menanggapi apa yang disampaikan Mukhlis, Darun Kasanah selaku Ketua KPRI Tulus Karya menyampaikan laporan bahwa dorprise ini merupakan bantuan dari rekanan.

Mukhlis sampaikan apresiasinya, karena menurutnya, apa yang dilaporkan oleh Darun merupakan salah satu bukti sinergitas antara koperasi dengan mitra kerja.

“Luar biasa, koperasi kita tidak hanya dipercaya oleh anggota, tetapi juga oleh rekanan atau mitra kerja. Sinergitas ini perlu dijaga dan dikembangkan baik dalam segi penyediaan barang/jasa, maupun dalam membantu dalam pengelolaan keuangan koperasi. Mari kita berikan applause,” ucap Mukhlis yang disambut tepuk tangan peserta kegiatan.

Pada kesempatan ini, Mukhlis juga gunakan hak suaranya untuk memilih Ketua Koperasi periode 2022-2024.

Memasuki bilik suara, sambil berucap bismillah, Mukhlis lakukan pencoblosan, yang dilanjutkan dengan memasukkan kertas suara ke dalam kotak suara yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara.

Hal ini disambut tepuk tangan kembali oleh peserta kegiatan.

Pada kegiatan ini hadir pula perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UM) Kota Semarang.(NBA/bd)