Pembinaan Guru Madrasah Kecamatan Kaloran

Temanggung – 121 Guru MI dan RA / BA wilayah Kecamatan Kaloran ikuti pembinaan lewat kegiatan “Kepala Kemenag Kab. Temanggung Menyapa Guru Madrasah“ yang diselenggarakan, di Balai Desa Keblukan Kecamatan Kaloran, Senin, (14/3).  

Dalam sambutan dan pembinaannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir menyapa guru dengan perkenalan dan selanjutnya mengharap kepada semua guru baik RA / BA maupun guru MI untuk bisa profesional dalam mencetak generasi bangsa yang berakhlak mulia, sholeh.

“Guru juga bisa mendekatkan diri pada murid dengan kedekatan emosional supaya generasi bangsa nanti akan menjadi anak yang sukses dengan keimanan yang kuat dan beribadah tanpa ada rasa paksaan,“ himbaunya.

Kepala kantor juga berharap dengan kecanggihan teknologi ini, disamping bisa melihat informasi dengan jaringan internet, guru juga bisa mengarahkan pemanfaatan teknologi kepada anak didik yang harus didampingi oleh guru apabila berada  di sekolah dan orang tua pada waktu di rumah.

“Mari kita bina bersama generasi bangsa ini dengan dasar kepercayaan dan penanaman keimanan  sehingga punya nilai lebih dibanding murid SD,“ ajaknya.

Lebih lanjut H. Ahmad Muhdzir menyampaikan program ZI di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dan moderasi beragama untuk memperkokoh pembangunan serta cita-cita bangsa menjadikan bangsa yang makmur, maju, berahklak, dan berjiwa besar.

Menurutnya moderasi beragama mempunyai beberapa indikator diantaranya adanya komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, penerimaan terhadap kebudayaan lokal. Peristiwa adanya pengharaman terhadap wayang yang merupakan budaya adiluhung bangsa merupakan salah satu indikator meningkatnya sikap intoleran dan radikal terhadap sesama anak bangsa.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita untuk meningkatkan pemahaman terhadap budaya yang jelas tidak bertentangan dengan nilai Islam,” paparnya.

Diakhir pembinaannya perwakilan dari guru yang hadir, Shochifah Guru MI Keblukan, merasa senang dan berharap semoga kunjungan Kepala Kemenag tidak hanya sebatas dikumpulkan dalam satu acara seperti ini, tetapi bisa berkunjung ke madrasah-madrasah di daerah supaya bisa menyemangati dan menumbuhkan jiwa keprofesionalan dalam memajukan generasi bangsa yang berahklak dan berbudi pekerti yang luhur. Sementara itu Pengawas Madrasah Wilayah Kecamatan Kaloran, Miftakhul Hadi menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membangun jalinan komunikasi dan informasi antara kepala dan para guru yang berada digaris terdepan dalam mencerdaskan anak bangsa.(sr/rf)