Penerimaan Tamu Ambalan Sunan Kalijaga dan Tjut Njak Dien MAN 1 Kota Semarang 2022

Semarang – Ambalan Sunan Kalijaga dan Tjut Njak Dien Madrasah Aliyan Negeri (MAN) 1 Kota Semarang, Sabtu (26/3/2022) melaksanakan penerimaan Tamu Ambalan yang diawali dengan Upacara Pembukaan.

Sebelum  upacara pembukaan, Suyatna  Pembina Pramuka Putra melaksanakan prosesi adat buka penerimaan dengan cara membuka keris yang menandakan upacara pembukaan akan segera dimulai.

Penyambutan dilanjutkan dengan pembacaan sandi Ambalan Sunan Kalijaga dan Tjut Njak Dien oleh petugas putra dan putri.

Kegiatan ini dimulai tepat pukul 07.00 WIB dilapangan utama MAN 1 Kota Semarang dan diikuti oleh kurang lebih 267 peserta, dimana 220 dari siswa kelas X, 37 Bantara dan 10 Pembina.

Upacara penerimaan tamu Ambalan Sunan Kalijaga dan Tjut Njak Dien ini, dipimpin langsung oleh Tasimin selaku Kepala Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus) MAN 1 Kota Semarang, ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali.

“Dengan mengucap bismillahirohmanirrohim maka kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan resmi dibuka,” tutur Tasimin.

Pada pembinaanya, Tasimin menyampaikan harapan agar kegiatan ini bisa menjadi pembentukan pribadi yang baik, tangguh, disiplin, bertanggung jawab dan bisa mengharumkan nama Ambalan Sunan Kalijaga dan Tjut Njak Dien di Gudep MAN 1 Kota Semarang.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap bisa menjadi sarana bagi adik-adik dalam pembentukan kepribadian yang sesuai dengan tema yang diusung yakni “Membangun Insan Pramuka yang Tangguh dan Berkarakter,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut Tasimin selaku Kepala Madrasah mengingatkan panitia dan peserta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat guna mencegah penularan Covid-19.

Kegiatan penerimaan tamu Ambalan ini dilaksanakan rutin setiap tahun bagi seluruh siswa kelas X.

“Peserta yang ikut dalam kegiatan ini semuanya 489 siswa, terdiri dari 432 siswa kelas X, 37 Bantara, dan 20 Pembina. Akan tetapi karena situasi masih pandemi maka pelaksanaan dibagi menjadi 2 sesi yakni pagi dan siang. Sesi pagi diikuti oleh 6 kelas yakni kelas X IBB, X IIK 1 dan 2, dan X IPS 1, 2 dan 3. Sedangjan sesi siang diikuti oleh 6 kelas yaitu X MIPA 1 – 6,” terang Tasimin.(Humas/bd)