Pengawas Bijak Tahu Tupoksi Pengawas

Kab. Pekalongan – Kegiatan Penilaian Harian Bersama (PHB) Kelas X, XI dan PAT Kelas XII MAN Pekalongan tengah berlangsung tanggal 7-18 Maret 2022. Salah satu yang mendukung sukses pelaksanaan adalah peran para pengawas. Pengawasan merupakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) guru dalam melaksanakan kegiatan ujian atau penilaian harian bersama. Sabtu (12/3/2022).

Pada kesempatan pelaksanaan PHB/PAT secara daring via google form dan terpusat di madrasah yang terbagi 14 ruang dengan jaringan internet 300 MB membutuhkan peran pengawas ruang ujian.

Tugas pengawas PHB/PAT daring  antara lain menyampaikan tatib, mengecek no.tes, mengecek login peserta didik, memastikan peserta didik mendapatkan link soal, mengedarkan daftar hadir, mencatat berita acara, mengingatkan peserta dan mengawasi jalannya PHB/PAT.

Sistem kepengawasan pada PHB/PAT kali ini terbagi 3 sesi yaitu sesi 1 pukul 07.15 – 08.45 kelas X, sesi 2 pukul 09.00 – 10.45 WIB kelas XI dan sesi 3 pukul 11.00 – 12.30 WIB kelas XII. Tugas pengawas ruang terjadwal sesi 1 s.d. 3 di ruang sama dengan peserta didik yang berbeda.  Hal ini untuk memudahkan pengawas mengecel login peserta dan penyampaian pasword wifi ruang tes.

Disampaikan oleh Mudasir, S.Pd selaku Waka Humas sekaligus Koordinator Pengawas bahwa para pengawas dalam melaksanakan pekerjaan langsung bersentuhan dengan siswa yang sedang mengerjakan soal. Tahu polah siswa yang beraneka ragam. Ada yang serius, ada gugup, ada tidur, ada yang tengok-tengok, ada yang diam, ada yang ramai, ada yang aneh dan unik. Sejuta perilaku ditunjukkan siswa. Kesiapan menghadapi PHB/PAT ditunjukkan dengan tabiat saat mengerjakan.

“Pengawas yang bijak adalah pengawas yang tahu persis tupoksi pengawas. Pengawas bijak tidak perlu bermuka seram dan menakutkan. Pengawas bijak adalah pengawas yang menebarkan senyum ramah, memberikan rasa nyaman dan mampu mengkondisikan siswa tenang mengerjakan dengan segenap kejujuran.” jelasnya. “Terima kasih atas dedikasi pengawas dalam menyukseskan PHB/PAT MAN Pekalongan 2021/2022. “ pungkasnya. (C-NA/Ant/bd).