Pengawas Madrasah Lakukan Monev PAT dan PHT MTsN 2 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara –  Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas IX dan Penilaian Harian Terstruktur (PHT) kelas VII dan VIII Semester Genap tahun pelajaran 2021/2022 di MTsN 2 Banjarnegara memasuki hari ke-4 pada Kamis (10/03/2022). PAT yang merupakan salah satu penentu kelulusan bagi siswa kelas IX dan PHT merupakan penilaian terhadap kemampuan penguasaan materi pada semester genap bagi siswa kelas VII dan VIII ini telah berlangsung sejak Senin (07/03/2022) lalu dan sedianya berakhir pada Selasa (15/03/2022) mendatang. Seluruh peserta PAT dan PHT mengikuti ujian secara semi online. Artinya siswa hadir ke madrasah dan mengerjakan soal melalui aplikasi yang disediakan oleh madrasah. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seluruh siswa mengikuti rangkaian kegiatan PAT dan PHT yang terbagi menjadi 2 sesi secara lancar.

Kepala MTsN 2 Banjarnegara, Ratna Ayu optimis kegiatan PAT dan PHT yang telah mengantongi ijin dari tim gugus covid kabupaten Banjarnegara ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib. “Demi menjaga ruang ujian dan lingkungan madrasah tetap steril dan aman, panitia PAT dan PHT telah melakukan penyemprotan secara berkala sebelum dan sesudah selesai melaksanakan ujian,” tegasnya.

“Mengapa siswa dihadirkan ke madrasah? ini demi ketepatan waktu siswa dalam mengerjakan soal PAT dan PHT, selain itu panitia dapat membantu siswa yang mengalami kendala teknis dalam mengerjakan dibandingkan bila mereka berada di rumah,” lanjutnya.

Pengawas madrasah, Nurlaela Isnaeni berkenan hadir melakukan monitoring dan evaluasi jalannya kegiatan PAT dan PHT pada hari ke -4, Kamis (10/03/2022). Beberapa hal menjadi bahan pembicaraan dalam monitoring tersebut, diantaranya apresiasi kepada MTsN 2 Banjarnegara yang telah melaksanakan kegiatan PAT dan PHT dengan tertib dan lancar.

“Saya sangat mengapresiasi langkah MTsN 2 Banjarnegara yang melaksanakan PAT dan PHT secara semi online menggunakan aplikasi yang telah disediakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi covid 19, ” ujar pengawas madrasah. “Saya sudah mengecek beberapa ruangan, dan semua berjalan dengan tertib meskipun ditemukan beberapa anak yang mengalami kendala dalam mengakses aplikasi ujian namun hal tersebut justru bisa melatih kesabaran siswa sebagai bagian dalam pembentukan karakter anak,” lanjutnya. (sp/ak/rf)