Pengesahan RAPBK KPRI Tulus Karya Tahun Buku 2022

Semarang, Akhir Maret 2022, Kamis (31/3/2022) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Tulus Karya Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang, gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 di hotel Plaza yang berlokasi di Jalan Setiabudi No.103 Srondol Semarang.

Kegiatan diikuti oleh anggota koperasi sejumlah 307, terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas pada kantor kota, Kantor Urusan Agama (KUA) maupun madrasah di lingkungan Kemenag Kota Semarang.

Pada RAT tersebut, ada 3 sidang pleno.

Sidang pleno pertama, pembacaan kuorum dan pengesahan RAT, pemilihan ketua sidang serta pengesahan tata tertib sidang.

Sidang pleno kedua, penyampaian, pandangan umum dan pengesahan lapiran pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus dan Pengawas KPRI Tulus Karya Tahun Buku 2021.

Sidang pleno ketiga, penyampaian Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja, serta Program Kerja (RAPBK) koperasi tahun buku 2022, pandang umum serta pengesahannya.

Dalam sidang pleno pertama, ditetapkanlah Amhal Kaefahmi sebagai Ketua Sidang.

Pada sidang pleno kedua, LPJ telah disetujui dan disahkan oleh anggota, dengan pemukulan palu 3 kali oleh Amhal sebagai penandanya.

Menginjak sidang pleno ketiga, Adur Rozak selaku Sekretaris KPRI Tulus Karya mengawalinya dengan menyampaikan peogram kerja tahun buku 2022, diantaranya pengembangan koperasi melalui digitalisasi bisnis yaitu toko berbasis online.

Twianita Happy Silaning Utami selaku bendahara menuturkan bahwa dalam upaya menumbuhkan koperasi utamanya dalam bidang usaha layanan pertokoan, KPRI Tulus Karya akan melayani pembelian secara online.

“Anggota atau pembeli lain bisa melakukan pembelian melalui pesan WhatsApp, barang akan kami antar sampai tujuan. Tidak ada minimal pembelian. Setiap transaksi, kami kenakan ongkos kirim sesuai dengan jarak tempuh,” ujar Happy, panggilan akrab wanita bertubuh tinggi langsing bak peragawati ini.

Upaya lain dalan pengembangan pertokoan adalah penurunan pengenaan jasa kredit barang, yang sebelumnya 15% menjadi 10%.

Sedangkan dalam upaya peningkatan permodalan, akan ada penaikan besaran simpanan wajib menjadi Rp.200ribu per bulan, penurunan jasa pinjaman jangka pendek menjadi 1,5% per bulan, dan pembatasan besaran Simpanan Hari Raya (SHR) yaitu maksimal Rp.1juta per bulan dengan jasa sebesar 1,5%.

Amhal melemparkan penyampaian RAPBK yang telah dipaparkan oleh pengurus, kepada anggota.

“Monggo silahkan ditanggapi atas program kerja yang telah disusun oleh pengurus untuk tahun buku 2022. Mana yang menurut panjenengan disetujui dan mana yang disetujui banget,” selorohnya yang disambut tawa oleh peserta kegiatan.

Cholidah hanum selaku anggota yang juga menjabat sebagai Penyelenggara Zakat Wakaf Kemenag Kota Semarang, menyambut baik program kerja yang telah disusun oleh pengurus dan mengapresiasi pula atas kerja keras panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan dengan sukses.

“Saya mendukung program kerja yang telah direncanakan, hanya saja untuk poin C pada huruf b kecil, perlu tidak dilakukan evaluasi terhadap perhitungan ongkos kirim (ongkir) transaksi belanja online. Apakah nominal tersebut sudah sesuai atau perlu ditambahkan sesuai dengan jarak tempuh, sebagaimana perhitungan menggunakan aplikasi pengiriman berbasis online lainnya,” tutur Hanum.

Hal ini ditanggapi positif oleh Darun Kasanah selaku Ketua KPRI Tulus Karya, dan menyatakan bahwa respon seperti inilah yang ia harapkan dari anggota atas program-program kerja yang ia susun beraama jajarannya.

Ada permohonan penjelasan atas program lainnya pula yang diajukan oleh anggota, yang langsung ditanggapi oleh pengurus, sehingga membawa kesepakatan yang langsung diputuskan pada sidang tersebut.

“Baik, berarti semua program kerja tahun buku 2022 sudah disetjui nggih Bapak/Ibu?,” tanya Amhal kepada peserta sidang yang dijawab secara serempak dengan jawaban pernyataan setuju.

“Maka dengan ini, saya Amhal Kaefahmi selaku Ketua Sidang menyatakan Program Kerja KPRI Tulus Karya Tahun Buku 2022 dinyatakan disetujui dan disahkan,” ucap Amhal yang diiringi dengan pemukulan palu sebanyak 3 kali.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan Ketua KPRI Tulus Karya Periode 2022-2045 dan pembagian hadiah undian kupon belanja anggota serta dorprise bagi peserta RAT.(Rus/NBA/bd)