Peringati Hari Tunas, MAN 2 Banjarnegara Delegasikan Peserta Pengukuhan

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara mendelagasikan salah satu gurunya, Teguh Amanah untuk mengikuti kegiatan Pengukuhan Pembina Mahir pada peringatan Hari Tunas yang digelar oleh Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara, Rabu,(9/3). Kegiatan ini dilaksanakan di komplek wisata Hutan Pinus Buaran, Desa Pekandangan Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara. Pengukuhan tersebut merupakan kelanjutan dari acara yang pernah digelar sebelumnya yaitu kursus mahir pembina tingkat lanjutan (KML) dan proses pengembangan serta pelaksanaan narakarya pasca KML. Sejumlah pembina dikukuhkan pada acara tersebut di antaranya pembina golongan siaga 14 orang, golongan penggalang 12 orang dan golongan penegak 5 orang.

Kegiatan pengukuhan yang digelar bertepatan dengan peringatan Hari Tunas ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat-semangat baru bagi seluruh warga gerakan Pramuka.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta yang hadir hari ini, untuk terus menggelorakan semangat agar bisa melahirkan tunas – tunas muda harapan bangsa, yang memiliki semangat kebersamaan, berkarakter, cakap dan berdaya saing tinggi,” ungkap Ketua Kwartir Cabang Banjarnegara, Aris Sudaryanto setelah mengukuhkan para pembina tersebut.

Di tempat terpisah, Kepala Madrasah sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Pramuka MAN 2 Banjarnegara, Ridlo Pramono menyatakan dukungannya terhadap kegiatan tersebut. “Kami sangat mendukung kegiatan ini. Sebab madrasah membutuhkan pembina Pramuka yang mahir di bidangnya, sehingga dapat membawa Pramuka MAN 2 Banjarnegara semakin juara dan tentunya membawa manfaat untuk diri peserta didik sendiri, keluarga, madrasah dan juga masyarakat di sekitar. Pada momentum peringatan Hari Tunas ini pula, kami mengajak seluruh keluarga besar Pramuka di madrasah agar dapat melahirkan tunas-tunas baru, generasi muda yang andal, berkarakter, dan berwawasan tinggi. Sehingga nantinya ketika terjun langsung di masyarakat mampu beradaptasi dengan baik,” paparnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Teguh Amanah, menurutnya pengukuhan ini menjadi gerbang mengamalkan apa yang sudah didapatkan selama kursus sebelumnya.

“Pengukuhan ini adalah awal dari proses pengamalan materi dan wawasan yang telah saya dapatkan selama kursus dan juga masa pengembangan. Tentunya dalam rangka melahirkan tunas muda Pramuka yang berwawasan luas, mempunyai karakter dan mampu beradaptasi di dunia modern ini,” pungkasnya. (ta/ak/rf)