Sertijab Kepala MTs,Pendidik Dituntut Kuasai Pemikiran Milenial

Kendal – Kepemimpinan MTs N 1 Kendal memasuki babak baru, setelah kurang lebih dua bulan madrasah dipimpin oleh Plt (Pelaksana Tugas), kini telah hadir kepala madrasah definitif baru yang secara resmi latah dilantik oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah pada awal Maret ini. Pergantian pemimpin madrasah dikemas dengan kegiatan serah terima jabatan yang dihariri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Kepala Subag TU, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah, Kepala madrasah Negeri, Komite Madrasah, para guru pemerintah Desa setempat, Senin (21/3).

Dalam sambutannya Kakan Kemenag, Mahrus mengatakan bahwa promosi jabatan merupakan suatu dinamika organisasi yang lumrah guna mengisi kebutuhan jabatan untuk peningkatan pelayanan pendidikan. Mengingat jabatan merupakan sebuah penghargaan, kepercayaan dan amanah, Mahrus meminta agar sebaiknya jabatan atau wewenang tersebut dilaksanakan penuh tanggungjawab.

Inovasi dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan dengan peningkatan kualitas kinerja dan sinergi pimpinan bersama seluruh staf, komite dan guru pendidik serta tokoh masyarakat sekitar untuk menggali kearifan lokal sebagai sumber kekuatan.

“Kita tugaskan saja Waka Kehumasan itu untuk bersilaturahmi ke tokoh masyarakat, tokoh agama untuk mengetahui apa yang masyarakat inginkan sehingga kita akan penuhi kebutuhuna masyarakat itu dalam bentuk inovasi layanan pendidikan,” kata Mahrus.

Selanjutnya menuju kirikulum merdeka guru dituntut harus perbanyak literasi untuk bisa masuk ke pemikiran milenial sehingga dapat dipahami kebutuhan anak dan talenta yang dimiliki siswa juga terfasilitasi dengan baik dalam rangka pengembangan diri siswa.

“Tidak jamannya menilai anak dari sisi kognitifnya saja tapi perhatikan aspek psikomotorik dan afeksinya. Menggali talenta siswa diperlukan pendekatan guru kepada siswa yang dikemas menyenangkan, sarana prasarana diaransi dengan baik dan cara penyajian atau penyampaian materi dibuat menarik,” imbuhnya.

Sementara kepala Madrasah yang baru, Maskur mengaku masih perlu bimbingan dari semua pihak pasalnya ia merasa amanah ini merupakan hal baru yang mana sebelumnya dirinya melaksanakan tugas sebagai guru MAN Kendal.

“Saya masih ingat bagaimana bapak Kakanwil berpesan bahwa kita harus bisa menciptakan semangat persatuan dan kesatuan mengedepankan toleransi, harmonisasi, di lingkungan kita yang baru demi menghadirkan layanan pendidikan bermutu kepada generasi muda penerus bangsa. Hal ini menjadi tantangan, maka kami berharap dukungan dan bimbingan semua pihak,” ujarnya.

Berkesempatan memberikan sambutan, Plt. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendal, Sarwana berterimakasih atas kesempatan yang telah diberikan sejak Januari 2022  untuk mengemban tugas sebagai Pelaksana tugas Kepala MTs.

“Saya sangat berterimakasih atas kerjasama semua civitas akademika MTs  yang telah mendukung, memberikan bimbingan, arahan, dan motivasi, sehingga bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,tak lupa kepada bapak Kakan Kemenag terimakasih atas kesempatan ini saya rasa cukup 2 bulan saja,” tuturnya. (bel/rf)