Siswa MTsN 2 Banjarnegara Berkesempatan Untuk Belajar Beternak Kambing Etawa

Banjarnegara – Siswa MTsN 2 Banjarnegara  mengikuti program belajar beternak di kampung Gagot Desa Kutawuluh Kecamatan Purwanegara Banjarnegara. Program ini diselenggarakan atas kerja sama antara MTsN 2 Banjarnegara dengan eduwisata pertanian dan peternakan kampung Gagot.

Kegiatan belajar berlangsung pada Kamis (17/03) lalu di kampung Gagot yang dibina langsung oleh Fauzi selaku pengurus peternakan. Para siswa terjun langsung ke area peternakan kambing etawa kampung Gagot. Awalnya para siswa mendapat pelajaran teori dalam menyiapkan tempat beternak. Seperti akses ke jalan raya tersedia, air cukup untuk memenuhi kebutuhan peternakan, dan tempat yang nyaman bagi peternakan. Mereka juga belajar tentang ketahanan pangan yang tidak membutuhkan biaya mahal seperti membuat ladang makanan bagi kambing.

Fauzi menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih anak agar kelak bisa berwirausaha dalam bidang peternakan khusunya ternak kambing etawa. “Sektor peternakan prospeknya sangat menjanjikan bila dikelola dengan baik. Makanya kami mendorong anak-anak agar menyukai dua sektor tersebut,” jelas Fauzi.

Lebih lanjut Fauzi juga menjelaskan bahwa pemilihan kambing etawa bukan tanpa sebab. “Kambing etawa semua hal yang dihasilkan bernilai ekonomis, mulai dari susu, daging dan kotorannya yang bisa dijadikan kompos,” tambahnya.

Kepala Madrasah, Ratna Ayu Kartika Wulan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama MTs N 2 Banjarnegara dengan kampung Gagot. “Saya berharap anak-anak, nantinya kelak bisa mempraktikkan langsung dalam pemeliharaan dan perkembangan hewan ternak yang tentunya bisa menjadi lading usahanya suatu hari nanti,” tegasnya

Selain itu Ratna Ayu menambahkan bahwa pelatihan ini juga merupakan bagian dari pelajaran IPA. “”Ini juga merupakan bagian dari pembelajaran IPA. Nanti setiap aktivitas peternakan ini akan memiliki nilai tersendiri di rapor para siswa,” tambah Rata Ayu. (ib/ak/rf)