Siti Zaenab “Anak Adalah Aset Terbesar Untuk Masa Depan”

Kota Magelang – Lembaga Pendidikan Al Quran memiliki misi yang sangat mendasar dalam memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Al Quran kepada sejak usia dini. TPQ menjadi sebuah lembaga pendidikan yang sangat strategis dalam menanamkan karakter anak bangsa.

Nilai strategis TPQ juga karena keikhlasan dan kesabaran para ustadz/ustadzah dalam membimbing dan mendidik para santri. Diawali dengan pengenalan huruf hijaiyah, hingga fasih membaca Al Quran, doa-doa harian, kaifiyah shalat, keterampilan menulis Arab, hingga pengetahuan dasar tentang dinul Islam. Meskipun hingga saat ini belum semua memperoleh perhatian dari pemerintah.

Pasca mengajar para santrinya di TPQ Puspawati Jurangombo Utara, Siti Zaenab salah satu penyuluh agama Islam Non PNS KUA Kecamatan Magelang Selatan mengatakan “Anak adalah aset terbesar orang tua untuk masa depan. Banyak impian besar yang diharapkan oleh orang tuanya. Demi kemajuan anak, orang tua akan rela mengorbankan apapun,” jelasnya.(Rabu, 30/3).

“Banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seorang yang pintar, cerdas dan juara kelas dengan menjejalkan berbagai macam les mata pelajaran di luar jam sekolahnya sejak dari tingkat Sekolah Dasar (SD). Tanpa bekal yang memadahi, tuntutan orang tua ini hanya akan membebani anak,” terang Siti Zaenab kemudian.

Salah satu fungsi Taman Pendidikan Al Quran adalah meningkatkan pemahaman dan pengamalan Al Quran. Disisi lain harus ada upaya dari pemerintah bagi ustadz/ustadah TPQ untuk memberikan pemahaman tentang manajemen pembelajaran pada TPQ, memberikan gambaran tentang desain kurikulum TPQ dan meningkatkan kualitas pendidik dalam pengembangan lembaga TPQ. (Zaenab/Hari/rf).