Tat Twam Asi adalah inspirasi dalam beragama melalui Nyepi

Klaten (Bimas Hindu) – Tawur Agung Hari Suci Nyepi Tahun 1944 Saka dihadiri Menteri Agama RI, Menteri BUMN, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif pada rabu, 2 Maret 2022 di Plataran Candi Prambanan dibuka secara langsung oleh Menteri Agama yang diwakili oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si.

Dalam Kesempatan yang sama, hadir pula Plt Ditjen Bimas Hindu, Direktur Urusan Agama Ditjen Bimas Hindu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Pembimas Hindu Provinsi Jawa Tengah, Ketua PHDI Pusat, FKUB Kabupaten Klaten dan umat Hindu secara terbatas.

Wamenag dalam sambutannya manyampikan bahwa Hari Suci Nyepi merupakan momentum untuk mengamalkan Dharma Agama dan Dharma Negara. Selanjutnya melalui Tat Twam Asi adalah inspirasi dalam beragama melalui Nyepi. “Perayaan Hari Suci Nyepi jangan hanya berhenti pada tataran ritual saja, tetapi kita jadikan Hari Suci Nyepi sebagai momentum untuk merealisasikan maknanya untuk amal beragama dan berbangsa,” tutur Wamenag.

Kegiatan Tawur Agung Hari Suci Nyepi dilaksanakan secara Hybrid dengan peserta terbatas dan protokol kesehatan yang ketat mengingat pandemi covid-19 masih belum selesai.(Kd/Sua)