Terapkan Hidup Sehat, MI Al Fatah Adakan Edukasi Manfaat Imunisasi

Banjarnegara – Salah satu upaya untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit yaitu dengan cara melakukan imunisasi. Seperti yang dilakukan MI Al Fatah Parakancanggah yang telah melakukan edukasi imunisasi kepada seluruh siswa di halaman pasca imunisasi, Minggu,(27/3).

“Dengan Imunisasi dapat memperkuat daya tahan tubuh dan tubuh tidak akan mudah untuk terserang penyakit-penyakit yang berbahaya. Imunisasi adalah suatu proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa Manfaat imunisasi yang perlu kita ketahui yaitu untuk melindungi anak dari risiko kematian, selain itu imunisasi menjadi cara efektif mencegah penyakit, dan vaksin dengan tujuan melindungi orang lain,” terang Wahid, guru MI Al Fatah.

Wahid menambahkan bahwa tujuan imunisasi atau program imunisasi di Indonesia tertuang dalam Permenkes RI tahun 2017, yakni menurunkan angka kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Tujuan imunisasi juga untuk mendapatkan imunitas atau kekebalan pada anak secara individual dan pembasmian penyakit dari penduduk suatu daerah atau negeri.

Kegiatan edukasi imunisasi juga sangat di dukung oleh semua orang tua peserta didik, salah satunya Rosidah.

“Saya sangat mendukung dengan adanya edukasi imunisasi yang dilakukan oleh madrasah, dengan begitu anak-anak menjadi memahami pentingnya imunisasi sehingga tidak takut lagi untuk diimunisasi,” terangnya.

Sementara itu, Durrotun Nafisah kepala Madrasah MI Al Fatah Parakancanggah mengapresiasi semua dewan guru yang telah melakukan edukasi imunisasi kepada seluruh peserta didik.

“Saya apresiasi semangat guru-guru dalam rangka edukasi imunisasi, dan semoga dengan adanya edukasi ini dapat memberi pemahaman, menyiapkan mental anak sebelum imunisasi,” ucapnya

MI Al Fatah berharap semoga semua anak-anak dimanapun berada dalam keadaan sehat, dan edukasi imunisasi ini semoga dapat meningkatkan kesadaran anak-anak betapa pentingnya imunisasi. (ek/nas/rf)