Terkendala Jaringan, 2 Siswa MTs N 1 Banjarnegara Ikuti PAT Di Madrasah

Banjarnegara – Penilaian akhir tahun di MTs N 1 Banjarnegara pada tahun pelajaran 2021/2022 ini masih tetap dilakukan secara daring. Di hari ketiga ini, Rabu (9/3/22) Fatih dan Reza hadir ke madrasah guna mengerjakan soal PAT secara online. Hal itu ia lakukan tatkala kendala sinyal yang susah di tempat tinggalnya.

“Jarak dari rumah saya ke MTs N 1 Banjarnegara cukup jauh, kira-kira 5 km. Selain jauh, saya juga mengalami kendala saat mengerjakan PAT. Yang pertama susah sinyal dan juga telat informasi. Maka dari itu saya putuskan untuk datang langsung ke madrasah untuk mengerjakan PAT hari ini,” tandas Fatih salah satu siswa kelas 9.

Selain Fatih, beberapa siswa juga mengerjakan ujian langsung dari rumah masing-masing melalui akun google form yang sudah disiapkan oleh pihak madrasah.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala MTs N 1 Banjarnegara, Eko Widodo menilai bahwa pelaksanaan PAT secara online adalah jalan alternatif yang paling mudah untuk dilakukan di masa pandemi, meskipun muncul kendala bagi beberapa siswa yang akses internetnya susah.

“Dengan moda daring, pengerjaan soal PAT menjadi lebih mudah dan efisien dengan perangkat HP ataupun laptop yang dimiliki oleh siswa di rumah,” tambahnya.

Eko Widodo juga berharap di hari ketiga ini, pelaksanaan PAT berjalan dengan lancar.

“Bismilah semoga di hari ketiga ini akan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti dan semoga pelaksanaan tujuh hari kedepan tidak ada kendala apapun,“ harapnya.

 Sebagaimana diketahui, kegiatan PAT adalah kegiatan evaluasi belajar siswa sebelum dilaksanakannya Ujian Madrasah untuk mengukur hasil belajar siswa secara umum. (ran/ak/rf)