Tingkatkan Imunitas Peserta Didik, MIM Karangtengah Ikuti Program BIAS

Banjarnegara -Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Karangtengah  mengikuti program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diselenggarakan oleh Puskesmas 1 Banjarnegara Senin,(14/3). Program ini  secara rutin dilaksanakan  2 kali dalam setahun.

Dalam kegiatan ini Puskesmas 1 Banjarnegara menurunkan 6 petugas yang dipimpin langsung oleh Erna Sri Rejeki selaku Kepala Puskesmas. Beliau menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan BIAS adalah sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit menular yang bisa di cegah dengan imunisasi.

“ Tujuan BIAS ini adalah mencegah anak dari  penyakit menular melalui imunisasi, Untuk anak kelas 1 (satu) akan diberi vaksin MR sedangkan kelas 2 (dua) dan 5 (lima) diberi vaksinasi  TD atau Tetanus Difteri,” jelasnya

Beliau juga menambahkan untuk anak kelas 2 sampai kelas 6 dilakukan pemeriksaan Kesehatan berkala. Diharapkan dengan begitu kesehatan anak selalu terjaga dengan baik. Apabila ada anak yang perlu perawatan khusus maka akan dirujuk ke Puskesmas untuk mendapatkan Tindakan lebih lanjut..

Urip Hidayati Selaku Kapala Madrasah mengucapkan terima kasih kepada petugas dari Puskesmas 1 Banjarnegara  yang telah dengan sabar melaksanakan tugas dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kinerja Tim Puskesmas 1 Banjarnegara yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik, saya berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut . Kami doakan semoga Allah membalas kebaikannya” ujarnya.

Kustrin selaku guru kelas 1 merasa lega dan  senang karena kegiatan ini berjalan dengan lancar, walaupun  ada peserta didik yang  menangis itu merupakan hal yang wajar terjadi.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, walaupun ada yang menangis ya tidak apa-apa toh cuman sebentar, yang penting setelah ini anak-anak bisa selalu sehat,” ujarnya.

Dengan adanya program BIAS yang dilaksanakan rutin oleh Puskesmas 1 Banjarnegara  di MI Muhammadiyah Karangtengah, akan berdampak positif pada Kesehatan anak. Dengan kondisi anak yang sehat akan memperlancar kegiatan pembelajaran . (ron/ak/rf)