Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Siswa MIC Sijeruk Semangat Laksanakan Imunisasi DT dan TD

Banjarnegara – Siswa  Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto (MIC) Sijeruk melakukan imunisasi DT dan TD di madrasah. Program imunisasi ini dilaksanakan oleh pihak Puskesmas Banjarmangu 2 Kecamatan Banjarmangu. Kamis (24/3).

Sasaran kegiatan ini adalah siswa kelas 1, 2 dan 5 sebanyak 49 anak orang yang terdiri dari kelas 1 sebanyak 15 anak, kelas 2 sebanyak 19 anak, dan kelas 5 sebanyak 15 anak. Imunisasi pada bulan maret ini sasarannya adalah kelas 1 disuntik DT (Diphteria tetanus) sedangkan kelas 2 dan 5 disuntik TD (Tetanus diphtheria).

Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) DT dan TD ini sesuai dengan rencana yang dibuat oleh Puskesmas Banjarmangu 2 yang didahului dengan pelaksanaan sosialisasi kepada kepala madrasah dan diikuti dengan pemberian surat pemberitahuan jadwal pelaksanaan.

Asih, Bidan Puskesmas Banjarmangu 2  mengatakan bahwa kegiatan imunisasi dilaksanakan setelah vaksin covid-19 dosis ke 2 bagi siswa, dengan jadwal dan dengan berpedoman dasar surat edaran Menteri Kesehatan tentang pelaksanaan BIAS pada masa pandemic covid-19.

“Kegiatan Imunisasi DT dan TD adalah diperuntukkan kepada siswa SD/MI dan pelaksanaannya dapat dilaksanakan dimadrasah masing-masing dengan menerapkan protocol kesehatan baik petugas maupun sasarannya dan juga tetap memperhatikan situasi epidemiologi covid-19 pada daerah satuan pendidikan,” katanya.

Siti Rohmah, wali kelas 2 mengatakan bahwa kegiatan imunisasi  yang seharusnya diikuti seluruh siswa yang berjumlah 19 namun dalam pelaksanaannya hanya 15 anak sedangkan 4 lainnya belum memenuhi persyaratan BIAS.  

 “Alhamdulillah siswa kelas 2 semangat sekali mengikuti imunisasi dan berjalan dengan lancar, saya berharap dengan imunisasi  ini seluruh siswa saya tidak ada keluhan pasca di imunisasi dan senantiasa sehat,” katanya.

Senada dengan Siti Rohmah, Siwi Tusmiatun wali kelas 1 MI Cokroaminoto Sijeruk  juga  menyampaikan pelaksanaan imunisasi telah selesai dengan sukses,.

“Saya sangat senang sekali semua siswa saya tidak ada yang rewel, semua sudah selesai disuntik dan anak-anak kami sangat gembira sekali karena setelah disuntik mereka mendapatkan hadiah dari guru berupa roti.” ujar Siwi

Pada pelaksanaan BIAS DT dan TD bagi siswa kelas 1, 2 dan 5 ini mendapatkan pendampingan dari petugas dari Polsek Kecamatan Banjarmangu.

Dodo, anggota Polsek Banjarmangu menyampaikan rasa bangga kepada siswa MI Cokroaminoto Sijeruk yang telah melaksanakan imunisasi.

“Saya melihat dan mengawal kegiatan imunisasi ini, dan seluruhnya berjalan dengan lancar, saya bangga dengan keberanian dan kedisiplinan siswa MI Cokroaminoto Sijeruk, semoga semua siswa selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.” katanya

Kondisi dunia pendidikan diharapkan bisa segera kembali normal. Semua elemen madrasah harus dalam keadaan sehat mulai dari guru dan peserta didik dan dengan pelaksanaan BIAS DT dan TD diharapkan menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan peserta didik agar pelaksanaan pembelajaran di MI Cokroaminoto Sijeruk dapat terus dilaksanakan. (cho/ak/rf)