Tingkatkan Kompetensi Pedagogik, Melalui Workshop KKG Kecamatan Banjarnegara

Banjarnegara – Guru kelas 1, 2, 3 dan guru PJOK MIMAU Al Falah Joyokusumo mengikuti workshop Peningkatan Kompetensi Pedadogik dan Kompetensi Kepribadian Guru dalam wadah Kelompok Kerja Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Banjarnegara yang diselenggarakan di MI Ahsanul Ulum. Kegiatan ini dimulai dari pukul 13.00 hingga pukul 16.00 pada hari Rabu (30/03).

Eka Nur Hayati, kepala Madrasah Ibtidaiyah Ahsanul Ulum mewakili para kepala Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Banjarnegara sangat mendukung para guru-gurunya untuk mengikuti kegiatan KKG ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan diri terkait kompetensi guru. Kami para kepala madrasah intinya sangat mendukung dengan adanya KKG ini. Ikutilah kegiatan ini dengan baik, silakan apabila nanti ada permasalahan yang ada di madrasah masing-masing bisa disampaikan dicari jalan keluarnya Bersama,” ungkapnya.

Workshop yang diisi oleh pengawas madrasah di Kecamatan Banjarnegara, Vijanti Marzuqi menjelaskan mengenai kompetensi-kompetensi yang wajib dimiliki oleh guru. Diantara kompetensi pendadogik dan kompetensi kepribadian.

Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam memahami peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, pengembangan peserta didik, dan evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengaktualisasi potensi yang mereka miliki. Sedangkan Kompetensi kepribadian adalah kemampuan personal yang dapat mencerminkan kepribadian seseorang yang dewasa, arif dan berwibawa, mantap, stabil, berakhlak mulia, serta dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik.

Selama kegiatan berlangsung, peserta tampak antusias menyimak materi yang disampaikan oleh pembicara. Ayu, salah satu peserta kegiatan mengungkapkan antusiasnya selama kegiatan.

“Saya menikmati acara ini karena selain menambah pengalaman, wawasan, dan ilmu baru juga lebih dapat mengenal teman antar guru di Kecamatan Banjarnegara” paparnya.

Selain itu dia juga berharap bisa mengikuti program-program lainnya yang dapat meningkatkan keprofesian guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah. (na/ak/rf)