Tingkatkan Motivasi Semangat Belajar Siswa, MIMAU Adakan PTS

Banjarnegara – Guna meningkatkan motivasi belajar siswa, MIMAU gelar Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap. PTS merupakan salah satu program madrasah yang rutin dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi proses pembelajaran selama 3 bulan. 

Menurut ketua panitia PTS, Susrianti, dengan adanya PTS bisa membuat siswa lebih semangat belajar karena akan ada penilaian yang terstruktur.

“Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, madrasah rutin tiap triwulan melakukan PTS, bahkan PTS yang diadakan di madrasah kami terprogram sebagai agenda yang wajib agar siswa mendapat motivasi yang lebih untuk belajar,” ujar Susrianti pada Rabu, (30/3)

Pada semester genap ini, PTS MIMAU Al Falah Joyokusumo diikuti oleh siswa kelas 1-5 yang dilaksanakan selama 6 hari bagi kelas rendah dan 8 hari untuk kelas tinggi terhitung dari tanggal 17- 25 Maret 2022. Pelaksanaan PTS pun dilaksanakan dengan menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dan sistem shifting.

“Alhamdulillah PTS secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik. Setelah PTS dilaksanakan, akan ada jadwal PTS susulan bagi yang belum mengikuti PTS, jadwal remedial bagi yang belum tuntas nilainya dan jadwal pengayaan setelah PTS,” jelas Susriati

Selain itu, dengan diadakan PTS juga diharapkan mampu  untuk mengevaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang sudah diterapkan dalam pembelajaran pada masing-masing kelas. Dan juga melatih kejujuran dan keyakinan atas kemampuan diri yang merupakan nilai yang harus ditanamkan dalam setiap pelaksanaan Ujian. (na/ak/rf)