Tingkatkan Riset Madrasah, MTs N 2 Banjarnegara Jalin Kerjasama dengan Kampung Gagot

Banjarnegara – MTs Negeri 2 Banjarnegara Jumat (11/03) melalui Pembina riset berkunjung ke Kampung Gagot di Desa Kutawuluh Kecamatan Purwanegara untuk bekerja sama dengan kelas riset yang ada di MTs Negeri 2 Banjarnegara.

Kampung gagot menjadi tempat wisata yang tidak hanya sekedar wisata bermain, namun Pembina dan peserta didik akan disajikan paket edukasi dengan harga yang sudah ditentukan seperti edukasi tentang pertanian, peternakan, dan perikanan. Pengunjung akan diajak berkeliling melihat sambil belajar bagaimana cara proses bertani mulai dari mencangkul, menanam, merawat, memanen dan juga memproduksi. Selain itu Pembina dan peserta didik akan diajak untuk melihat dan mendapat edukasi tentang bagaimana membuat pupuk organik.

Inilah kelebihan dan tujuan dari program kelas riset di MTs Negeri 2 Banjarnegara untuk melakukan kunjungan di Kampung Gagot ini, sehingga Pembina dan peserta didik benar-benar menyatu dengan alam dan bisa menerapkannya.

Dijelaskan sekilas oleh Amrullah  sebagai pencetus berdirinya Wisata Edukasi  Kampung Gagot tidak ada bedanya dengan desa wisata lainnya. Hanya ada papan bertuliskan Kampung Gagot dan dua gazebo untuk pemaparan materi berdirinya Kampung Gagot.

Berawal dari gazebo selanjutnya Pembina dan peserta didik berkeliling ke kampung untuk mendapat penjelasan bagaimana cara bertani yang baik dan benar

“Harapannya, Pembina dan peserta didik bisa mendapat edukasi bagaimana bertani, berternak dan mengelola ikan yang baik dan benar serta bagaimana cara mengemas untuk bisa dijadikan rupiah,” paparnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna bersinergi dengan program kelas riset di MTs Negeri 2 Banjarnegara. Sebagai bentuk komitmen bahwa MTs Negeri 2 Banjarnegara terbuka untuk berkolaborasi dalam dunia nyata yang nantinya akan banyak manfaatnya untuk pengabdian masyarakat,” jelas Endah selaku pembina wali kelas riset.

Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara, Ratna Ayu Kartika Wulan mengatakan, kunjungan itu merupakan langkah cerdas MTs Negeri 2 Banjarnegara menjadi madrasah riset. “Kami mengapresiasi dan terima kasih dengan Pembina wali dan guru risetnya. Mudah-mudahan kunjungan ini sebagai langkah awal mengembangkan madrasah riset untuk melatih peserta didik lebih kritis dan lebih cerdas,” ungkap Ratna. (en/ak/rf)