Ukur Pencapaian Kompetensi Siswa, MIMAU Laksanakan PAT Kelas VI

Banjarnegara- MIMAU Al Falah Joyokusumo, saat ini melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun Pelajaran 2020/2021 khusus kelas VI.  Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka mulai tanggal 21-30 Maret 2022.  Pelaksanaan yang dimulai dari pukul 07.30-11.00 tidak mengurangi semangat siswa dan tetap antusias untuk masuk madrasah mengikuti kegiatan PAT.

PAT yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 6, berjumlah 17 anak tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selama tes mereka dapat mengerjakannya dengan lancar. Pelaksanaan PAT hari pertama berlangsung dengan baik dan lancar. Hal ini disampaikan langsung oleh ketua panitia PAT, Tismiatin.

“Alhamdulillah hari pertama berjalan dengan lancar, dan siswa mengikuti tata tertib yang telah ditetapkan. Semua sehat dan semoga nanti bisa mengikuti dari awal hingga PAT selesai dilaksanakan dengan nilai yang memuaskan,” paparnya pada Senin, (21/3)

Lebih lanjut, Tismiatin mengungkapkan bahwa hasil PAT tidak hanya nilai atau angka semata, namun lebih mengutamakan nilai kejujuran dan kemandirian siswa. Karena nilai kejujuran dan kemandirian akan lebih utama untuk bekalnya nanti.

“Kualitas diri yang utama pada anak yang saat ini yang sangat diperlukan dan diutamakan bukan berdasarkan dari nilai-nilai angka semata, namun kejujuran dan kemandirian lebih penting lagi,” ungkapnya

Penilaian Akhir Tahun diadakan dengan tujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi / kemampuan siswa. Selain itu juga untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik; mendiagnosis kesulitan belajar; memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan. (na/wk/rf)