Untuk Mengembangkan Koperasi, Mukhlis Abdillah Imbau Adanya Inovasi

Semarang, Kamis (31/3/2022) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Tulus Karya Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 dan Pemilihan Pengurus Baru untuk Periode 2022-2024.

Hadir Kepala Kantor Kemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah. Dalam sambutannya ia mengucapkan selamat kepada peserta kegiatan untuk mengikuti RAT dan pemilihan pengurus.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota KPRI Tulus Karya baik dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas pada kantor kota, Kantor Urusan Agama (KUA) maupun madrasah, sebanyak kurang lebih 307 peserta.

Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka langsung, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes), bertempat di Hotel Plaza Jalan Setiabudi Semarang.

KPRI Tulus Karya merupakan koperasi PNS Kemenag Kota Semarang, yang telah berdiri kurang lebih 40 tahun.

Dalam kesempatan ini, Mukhlis mengimbau kepada pengurus koperasi untuk melakukan upaya-upaya guna meningkatkan kesejahteraan anggota.

“Koperasi dijalankan dengan sistem kekeluargaan artinya dalam membuat, menyusun dan mendirikan koperasi dengan prinsip-prinsip kekeluargaan sebagaimana budaya di indonesia,” ujarnya.

“Koperasi merupakan lembaga keuangan original produk Indonesia, yang merupakan gagasan dari Muhammad Hatta selaku Bapak Koperasi Indonesia,” sambungnya.

“Oleh karenanya dasar dalam pengelolaan koperasi adalah bercirikan kearifan lokal budaya Indonesia yaitu kekeluargaan, yang artinya koperasi ini pendanaan utama bersumber dari anggota, pengelolaannya oleh anggota, dan demi kemaslahan anggota pula,” lanjutnya.

Ia juga menyampaikan pesan kepada peserta yang hadir yang notabennya adalah anggota koperasi, untuk bisa berperan sebagai anggota yang aktif.

“Jangan hanya mengharapkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang besar, tetapi Bapak/Ibu tidak pernah berbelanja di toko koperasi. Bagaimana koperasi kita bisa bertumbuh menjadi besar jika bukan kita sendiri yang ikut membesarkannya,” imbaunya.

Pernyataan tersebut ikut disampaikan pula oleh Darun Kasanah beserta jajaran pengurus koperasi, pada penyampaian laporan pertanggungjawaban Tahun Buku 2021, yaitu meminta peningkatan keaktivan anggotanya dalam berbelanja retail di toko KPRI Tulus Karya.

Selain itu, Mukhlis juga menyampaikan beberapa saran dan pesan guna pengembangan koperasi, baik kepada pengurus maupun anggota.

“Adapun upaya pengembangan koperasi bisa juga melalui studi tiru kepada koperasi yang lebih maju, untuk bisa kita aplikasikan pada KPRI Tulus Karya,” usulnya.

“KPRI merupakan koperasi PNS, tentu harapannya dalam pengelolaannya mendukung pola birokrasi yang sehat, jauh dari kata Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), manipulasi serta korupsi,” pesannya.

Ia juga menyampaikan pesan agar koperasi tidak hanya menyusun program kerja jangka pendek tetapi juga program jangka panjang yang tentunya program ini didukung oleh seluruh anggotanya.

Selain itu, ia juga mengimbau adanya inovasi guna pengembangan koperasi.

“Saat ini sedang marak digitalisasi dalam dunia bisnis, seperti belanja online. Buatlah lompatan-lompatan guna pengembangan usaha, sehingga tidak hanya simpan pinjam yang berkembang, tetapi usaha retailnya pun harus terus dikembangkan agar menjadi besar. Kita telah memiliki mini market Tulus Karya Mart yang berlokasi cukup strategis yaitu di pinggir jalan raya pada halaman Kankemenag Kota Semarang, ini adalah modal yang bisa untuk dikembangkan, dengan cara menjual produk yang banyak dibutuhkan tidak hanya oleh anggota tetapi juga masyarakat umum di sekitarnya, dengan harga yang kompetitif dibandingkan dengan market lainnya, sehingga perputaran modal jauh lebih cepat, sedangkan untuk penyediaan barang bisa menggandeng rekanan yang menggunakan sistem konsinyasi guna mengurangi risiko,” tuturnya.

Saran lain yang ia sampaikan yaitu program belanja online yang pembayarannya bisa melalui sistem transfer atau Cash on Delivery (COD), dan barangnya diantar sampai tujuan.

“Untuk mensukseskan program-program yang telah dibuat, tentu seluruh anggota harus ikut mempromosikannya,” tandas Mukhlis.

Pada kegiatan ini hadir pula perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UM) Kota Semarang.

Dalam kegiatan RAT dan pemilihan pengurus tersebut, diadakan pula pembagian hadiah undian atas kupon belanja anggota, serta dorprise bagi peserta yang hadir.(Rus/NBA/bd)