Amhal Kaefahmi Monitoring Pelaksanaan Ujian Madrasah di MI Al Khaeriyah Banyumanik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang-Pengawas madrasah kementrian Agama kota Semarang Amhal kaefahmi menegaskan,Ujian Madrasah (UM) yang dilaksanakan oleh madrasah bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. UM dimaksudkan untuk: 1) mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik; 2) mengukur mutu pendidikan di tingkat Nasional, Provinsi, Kota/Kabupaten, kecamatan dan madrasah; 3) mempertanggung jawabkan penyelenggaraan pendidikan pada masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Amhal Kaefahmi, saat melaksanakan monitoring pelaksanaan UM di wilayah binaannya di Kecamatan Tembalang dan Kecamatan Banyumanik, Selasa (12/4/2022). Selain monitoring, dia juga minta laporan pelaksanaan UM di masing-masing MI melalui daring.

MI Al Khaeriyah menggelar ujian madrasah mulai hari senin (11/4/2022) MI Al Khaeriyah  selenggarakan Ujian Madrasah (UM) yang diikuti 11 peserta didik kelas VI. Ujian Madrasah yang berlangsung sampai Selasa (19/4/2022) dalam 1 ruang.

Di tuturkan Amhal kaefahmi, fungsi Ujian  Madrasah lebih ditekankan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan tamat belajar, alat pertimbangan dalam pemberian ijazah, umpan balik untuk perbaikan program pembelajaran di madrasah, dan sebagai alat pengendali mutu pendidikan.

Menurut Amhal Kaefahmi, selama pandemi Covid-19 yang melanda dunia lebih dari dua (2) tahun ini, sangat berpengaruh pada aspek pendidikan. Pasalnya, pembelajaran jarak jauh (PJJ) menggunakan aplikasi daring, belum sepenuhnya efektif dan efisien terhadap pembelajaran. Banyak guru yang masih tergopoh-gopoh atau bingung terhadap model pembelajaran daring.

“Demikian pula, peserta didik. Mereka juga terkendala dengan gadget yang harus gantian dengan orangtua, kuota, dan signal,” jelas Amhal Kaefahmi.

Kendati demikian, tambahnya, UM yang dilaksanakan di MI di wilayah binaannya, yakni di Kecamatan Tembalang dan Kecamatan Banyumanik harus tetap terlaksana sesuai dengan tujuan dan fungsi diselenggarakannya ujian

Sementara itu Kamad MI Al Khaeriyah, Muflikhun menjelaskan bahwa pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) di MI Al Khaeriyah Jabungan berjalan dengan tertib dan lancar. Serta dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (Muflihun/Sukirman/bd)