Back to School, Siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara Siap Ikuti Amaliyah Ramadan

Banjarnegara – Back to school setelah beberapa hari siswa MTs Negeri 1 libur menyambut datangnya bulan Ramadan. Hari pertama siswa masuk sekolah di bulan Ramadan tidak menyusutkan semangat mereka menimba ilmu. Terlihat dari antusias siswa mengikuti kegiatan pertama di masjid Darul Ulum MTs Negeri 1 Banjarnegara pada Selasa (5/4).

Sesuai arahan Ikhsanudin, waka urusan kesiswaan MTs Negeri 1 Banjarnegara para siswa berbondong-bondong menuju masjid Darul Ulum. Tidak dengan tangan kosong, siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara membawa Al-Quran dan alat salat. Kegiatan di bulan Ramadan ini tentu akan lebih banyak beribadah untuk menambah pahala.

“Silakan anak-anakku segera menuju masjid untuk kegiatan perdana kita di bulan Ramadan. Alat salat dan Al-Quran dibawa untuk kita gunakan di masjid,” tutur Ikhsanudin mengarahkan siswa.

Selanjutnya, kegiatan Amaliyah Ramadan dipandu oleh Abdul Majid selaku koordinator keagamaan MTs Negeri 1 Banjarnegara. Kegiatan awal yaitu melafalkan surah Asy-Syam dan surah Ad-Duha. Dua surah tersebut merupakan bacaan salat duha pada masing-masing rakaat.

Setelah salat duha dilaksanakan kegiatan berikutnya adalah tadarus dan dzikir Asmaul Husna.

“Jika biasanya tadarus dan dzikir Asmaul Husna dilaksanakan di masing-masing kelas, khusus di bulan Ramadan ini dialihkan ke masjid Darul Ulum,” tutur Abdul Majid.

Tidak selesai di sini, Abdul Majid menjelaskan teknis Amaliyah Ramadan yang akan diikuti oleh seluruh siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara. Setiap hari akan diadakan kegiatan serupa, dilanjutkan dengan pembelajaran yang akan diampu oleh guru MTs Negeri 1 Banjarnegara.

“Selain untuk siswa kegiatan ini juga melibatkan guru dan karyawan MTs Negeri 1 Banjarnegara. Mari kita mengumpulkan pahala untuk keberkahan kita bersama.” pungkas Abdul Majid. (rin/ak/rf)