Bias Anggun Sampaikan Hikmah Puasa dan Manfaatnya, Berikut Penjelasannya.

Banjarnegara – Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Itulah firman dalam Q.S Al-Baqarah ayat 183 yang disampaikan oleh Bias Anggun Pinandra wakil ketua OSIM MTs Negeri 1 Banjarnegara  melalui kultumnya pada Selasa, (5/4/22) tepatnya di Masjid Darul Ulum MTs N 1 Banjarnegara.

“Hikmah puasa dan manfaatnya sangat berhubungan erat dengan amalan puasa yang dijalani oleh umat muslim. Amalan puasa bukan hanya menahan rasa lapar dan dahaga saja, melainkan juga dalam melaksanakan ibadah Ramadan lainnya seperti bersedekah, iktikaf, silaturahmi, menjauhi dari perbuatan haram, dan sebagainya.” terangnya.

Menurutnya, dalam menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan ada beberapa hikmah dan manfaatnya, salah satunya melatih disiplin waktu.

“Hal ini dilakukan agar puasa tetap fit dan kuat di siang hari. Maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup membuat seseorang yang menjalani puasanya lebih teratur dan lancar dalam berpuasa. Selain itu melakukan sahur juga bermanfaat untuk melatih kebiasaan bangun lebih pagi dan mendapatkan rezeki,” jelasnya seraya menggebu-gebu.

Selain melatih disiplin waktu, wanita yang akrab disapa Bias ini juga menyebut bahwa keistimewaan yang diperoleh dalam menjalani ibadah puasa adalah keseimbangan dalam hidup.

“Keseimbangan dalam hidup dapat diraih dengan beribadah. Pada bulan puasa ini, manusia dilatih agar kembali mengingat dan melaksanakan semua kewajiban tersebut dengan jaminan pahala yang dilipatgandakan.” tambahnya.

Di akhir  kultumnya, Bias menghimbau bahwa hikmah puasa dan manfaatnya dapat dipetik saat Ramadhan khususnya kepada siswa siswi MTs N 1 Banjarnegara.

“Perhatikan baik-baik ya Sahabat Hikmah, agar berpuasa dapat menghasilkan pahala yang baik. Jangan lupa selalu berbuat baik.” tutupnya.

Ramadhan akan menjadi sempurna apabila manusia menjauhi perbuatan haram yang dapat dilihat, didengar, dan diucapkan. Latihan ini dapat menimbulkan kemajuan positif bagi manusia yang menjalaninya saat Ramadhan. (ran/ak/rf)