081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Bina Siswa SMP, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pagentan Gelar Pesantren Ramadhan 1443 H

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Komitmen SMP Negeri 3 Pagentan Kabupaten Banjarnegara mengisi pembinaan kegiatan keagamaan di bulan suci Ramadhan kali ini dibuktikan dengan Kerjasama bersama Penyuluh Agama Islam Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara, seperti salah satu kegiatan pagi ini diisi dengan kegiatan pembukaan Pesantren Ramadlan SMP Negeri 3 Pagentan Banjarnegara oleh PAIF Kecamatan Pagentan, Senin, (11/4/22)

Supriyanto, Kepala SMP Negeri 3 Pagentan Kabupaten Banjarnegara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Penyuluh Agama Islam Fungsional beserta rombongan yang berkenan hadir untuk membuka kegiatan Pesantren Ramadlan di SMP Negeri 3 Pagentan Kabupaten  Banjarnegara, harapannya kegiatan berjalan aman dan lancar serta bermanfaat memberikan pencerahan mampu meningkatkan Iman dan Takwa serta membuat kepribadian para siswa. Supriyanto didampingi oleh para guru pendamping menyampaikan bahwa kegiatan pesantren Ramadlan diikuti 177 terdiri dari siswa kelas 7 putra sebanyak 25 siswa dan putri sebanyak 24, kelas 8 putra sebanyak 23 siswa dan putri sebanyak 34 siswa, kelas 9 putra sebanyak 30 siswa dan putri sebanyak 41 siswa dan semuanya muslim.

“Sebagai informasi kami sampaikan kepada Paif Pagentan bahwa kegiatan Pesantren Ramadlan diikuti oleh 177 siswa dan mengambil tema IRAMA (Indahnya Ramadhan Meraih Taqwa),” katanya

Mustadjab, Penyuluh Agama Islam Fungsional dalam sambutan pembukaan sekaligus penyampaian materi menyampaikan bahwa pada prinsipnya Kementerian Agama dalam hal ini Kantor Urusan Agama (KUA) memandang siswa-siswi adalah anak dalam masa pendadaran, tidak ada anak yang tidak pernah salah dan sebaik baiknya anak yang bersalah adalah anak yang mau memperbaiki diri dengan bertaubat.

“Pada prinsipnya Kemenag memandang bahwa siswa siswi adalah anak, tidak ada orang atau anak yang tidak pernah melakukan kesalahan, bedanya para siswa di sini (SMP Negeri 3 Pagentan) dan kami berada di lembaga yang lain. SMP Negeri 3 Pagentan Kabupaten Banjarnegara adalah tempat untuk belajar memperbaiki diri dan sebaik baiknya orang yang bersalah adalah yang mau bertobat,” Ungkap beliau.

Lebih lanjut Mustadjab menyampaikan bahwa masa di SMP Negeri 3 Pagentan Kabupaten Banjarnegara adalah masa untuk memperbaiki diri berbenah inspirasi bisa datang dari manapun dan melalui kegiatan ini diharapkan para siswa semakin berkarakter.

 “sekolah adalah tempat untuk berbenah memperbaiki diri,” tambahnya

Penyuluh Agama Islam Fungsional didampingi 8 Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Pagentan yang secara teknis akan mengampu kegiatan Pesantren Ramadan di SMP Negeri 3 Pagentan Kabupaten Banjarnegara dikoordinatori oleh Mustadjab.

Mustadjab, PAIF Kec. Pagentan selaku Koordinator Pengampu Kegiatan Pesantren Ramadlan dalam briefing dan arahannya menyampaikan bahwa kegiatan direncanakan berlangsung dari hari Senin, 11 April sampai dengan Kamis, 14 April 2022 karena banyaknya siswa maka peserta dibagi menjadi 2 kelompok putra dan putri, agar ilmu yang didapatkan selama kegiatan pesantren kilat Ramadhan ini dapat diserap dengan lebih baik.

“Terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik, dan untuk para siswa agar mengikuti kegiatan ini dengan tertib dan sungguh-sungguh, karena selain menambah ilmu pengetahuan keislaman juga akan ada game seru berkaitan dengan keagamaan, insya Allah semua pemateri sudah mendapatkan rekomendasi dari kementerian agama. Semoga kegiatan kita dapat berjalan lancar dan mendapatkan pahala, Aamin,” ucap Mustadjab dalam brifingnya terhadap para penyuluh yang akan bertugas

Kegiatan Pesantren Ramadan dilaksanakan di ruang Aula untuk kelas putri dan kelas putra di Musholla SMP Negeri 3 Pagentan Kabupaten Banjarnegara disambut antusias oleh para siswa. (mu/ak/rf)