Bulan Ramadhan Sebagai Sarana Untuk Bertaubat

Banjarnegara – Pesantren Ramadhan 1443 H di MTs Negeri 2 Banjarnegara semakin khidmat yang dikuti oleh seluruh siswa kelas VIII

Rabu, (20/4), Pesantren Ramadhan 1443 H seperti biasa diawali dengan sholat Dhuha dan melantunkan nadhom Asmaul Khusna yang dipimpin oleh Siswo Purnomo selaku Waka Humas. Setelah Sholat Dhuha, Siswo memberikan kultum dengan tema Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan.

“Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan, maka kita bisa memanfaatkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala kesalahan dan kekhilafan,” tambahnya.

Senada dengan itu  Cinthya Ramadani siswa kelas VIII menyampaikan  dalam tausiahnya bahwa Bulan Ramadhan yang penuh dengan ampunan bisa dijadi sarana untuk bertaubat”

“Taubat adalah meninggalkan dosa karena takut pada Allah, menganggapnya buruk, menyesali perbuatan maksiatnya, bertekad kuat untuk tidak mengulanginya, dan memperbaiki apa yang mungkin bisa diperbaiki kembali dari amalnya.” jelasnya

Selanjutnya Cinthya juga menyampaikan Allah lebih senang pada tobatnya seorang hamba yang bertobat melebihi senangnya orang haus yang menemukan air, atau orang mandul yang memiliki anak, atau senangnya orang yang kehilangan barang lalu menemukannya.

“Maka, barang siapa yang bertobat kepada Allah dengan Taubat Nasuha, Allah akan membuat lupa para malaikat yang menjaganya, anggota tubuhnya, serta bumi yang dipijaknya atas dosa dan kesalahan yang telah dia lakukan,” pungkasnya (ws/rf)