Dengan Kebersamaan Semua Jadi Mudah Dalam Menghadapi Akreditasi RA 2022

Banjarnegara – Pada Rabu (20/04) telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Jenjang RA Kabupaten Banjarnegara Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara yang dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

“Kegiatan ini kami selenggarakan atas usulan dari Pimpinan Daerah IGRA Banjarnegara dengan tujuan untuk memberikan motivasi dan penguatan kepada calon peserta Akreditasi jenjang RA, agar nantinya RA yang sudah masuk dalam daftar sebagai peserta Akreditasi Tahap 1 Tahun 2022 dapat lolos semua dan sukses dalam pelaksanaan, sehingga ke depan akan lebih banyak lagi RA yang berminat mengajukan Akreditasi untuk jenjang RA di Kabupaten Banjarnegara” ujar Slamet Wahyudi, Kepala Seksi Penmad Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan pesan kepada Pimpinan Daerah IGRA Banjarnegara untuk selalu mengawal lembaga – lembaga peserta Akreditasi, mulai dari tahap persiapan, penginputan data dan pelaksanaan visitasi, serta selalu siap membantu ketika dibutuhkan.

Dari jenjang  RA di Banjarnegara ada 10 lembaga yang lolos sebagai peserta Akreditasi Tahap 1 Tahun 2022 yaitu (1) BA ‘Aisyiyah Blambangan, (2) RA Muslimat NU Salamerta, (3) DA Cokroaminoto 01 Dawuhan, (4) DA Cokroaminoto Sawal, (5) RA GUPPI Tanggapan, (6) DA Cokroaminoto Paseh, (7) DA Cokroaminoto Sijeruk, (8) BA ‘Aisyiyah Tribuana, (9) DA Cokroaminoto Sawangan, (10) RA Ma’arif Kalilandak.

Kegiatan tersebut diisi materi tentang alur pelaksanaan Akreditasi mulai dari bagaimana cara penginputan data dan upload file ke aplikasi sispena

“Ada 8 Standar Penilaian Nasional Akreditasi untuk PAUD, yaitu (1) Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, (2) Standar Proses, (3) Standar Isi, (4) Standar Pendidik dan Tenaga kependidikan, (5) Standar Sarana Prasarana, (6) Standar Pengelolaan, (7) Standar Pembiayaan, (8) Standar Penilaian Pendidikan,” jelas Suprihatin, Pimpinan Daerah IGRA bidang Litbang sekaligus Asesor BAN-PAUD PNF Jawa Tengah.

Peserta terlihat sangat antusias dan senang dengan adanya kegiatan tersebut seperti yang diungkapkan oleh Supiyah. “Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini kami jadi paham apa saja yang harus kami siapkan untuk menghadapi Akreditasi, mudah-mudahan dengan pendampingan dari PD. IGRA Banjarnegara kami berhasil melaksanakan Akreditasi dengan lancar dan mendapatkan nilai yang bagus,” ungkapnya.  (Inf/ak/rf)