Gelaran Khotmil Quran ke-103 KKG PAI SD Kecamatan Genuk

Semarang- Dalam meraih kemuliaan pada bulan Ramadhan, Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) SD Kecamatan Genuk Kota Semarang menyelenggarakan Khotmil Quran yang ke-103. Khataman Alquran yang ke-103 menurut Shobirin Ketua KKG PAI Kecamatan Genuk, sekaligus dalam rangka peringatan Nuzulul Quran. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN Genuksari 02 Kecamatan Genuk, Selasa (26/4/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh Koordinator Satuan Pendidikan (Korsapen), Pengawas SD, Kelompok Kerja Kerja Sekolah Dasar (K3SD), Kepala SD dan guru PAI se-Kecamatan Genuk.

Dalam sambutannya, Korsapen Kecamatan Genuk yang diwakili oleh H. Ali Ngatimin, mengharapkan  guru PAI dalam menjalankan tugas kedinasan tidak hanya sekedar sebatas menggugurkan kewajiban. “Kami harap guru dapat memberikan pembelajaran dan pendampingan kepada para siswa dalam membaca Alquran. Tidak hanya sekedar bisa membaca, tetapi dalam membacanya mereka betul-betul tartil dan lancar,” pesannya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan apresiasinya kepada KKG PAI atas inisiasinya dalam penyelenggaraan khotmil quran.

Dalam gelaran khotmil quran ke-103 tersebut, H. Mohammad Faojin Pengawas PAI Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, berkesempatan menyampaikan tausiyah kepada peserta khotmil quran. “Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan, karena di bulan inilah Alquran diturunkan oleh Allah SWT sebagai petunjuk bagi manusia,” tuturnya.

“Sehingga sekolah yang menggelar kegiatan khotmil quran tentu sangatlah beruntung, karena pasti akan memperoleh keberkahan dari kegiatan ini,” imbuhnya.

“Begitu juga kita sebagai guru agama Islam, kepala sekolah, maupun pengawas, menjadi beruntung dan mulia di hadapan Allah ketika telah berhasil menghantarkan peserta didiknya mampu membaca Alquran secara baik dan benar,” ujarnya.

“Apalagi jika setiap hari mereka rutin membaca Alquran, maka insya Allah akan menjadi amal jariyah bagi kita, menjadi investasi akhirat,” sambungnya.

“Semoga kegiatan khataman ini dapat meningkatkan kualitas puasa kita dan dapat diterapkan dalam setiap bulan dan dilakukan saat kegiatan KKG PAI,” pungkasnya. (Mustakim/Faojin/NBA/bd)