Gelaran Khotmil Quran Ramadhan 1443 H di Kankemenag Kota Semarang

Semarang, Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan, sehingga disayangkan bagi umat muslim jika tidak memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan kebaikan dan meningkatkan ibadah. Begitu pun dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang.

Pada Rabu (20/4/2022), digelarlah kegiatan khotmil quran yang diikuti oleh Kepala, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), Kepala Seksi (Kasi), Penyelenggara (Gara), Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), penghulu, penyuluh, pengawas madrasah dan Pendidikan Agama Islam (PAI), serta pegawai baik yang bertugas pada kantor kota maupun KUA.

Acara dimulai pada pukul 16.00 WIB dan dipimpin oleh Syafiatun dan Nanik Zulfa selaku koordinator kegiatan khotmil quran.

“Alhamdulillah hari ini kami bisa melaksanakan kembali khotmil quran di bulan Ramadhan yang digelar di aula Kankemenag Kota Semarang. Sudah 2 tahun kegiatan sempat terhenti karena pandemi. Semoga kondisi jauh lebih kondusif, sehingga kegiatan-kegiatan semacam ini bisa terus terlaksana sebagaimana mestinya,” tutur Nanik Zulfa.

Khotmil quran atau hataman tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Tarawih Keliling (Tarling) bersama Walikota dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Semarang.

Ada 3 kelompok inti hataman yang dibuat oleh Nanik dan Sofi, masing-masing kelompok terdiri dari 30 orang dan bertanggung jawab untuk menghatamankan 1 juz.

Nanik pun menyampaikan bahwa kegiatan tadarus dan khotmil quran merupakan salah satu wujud kecintaan umat Islam terhadap kitab yang menjadi penuntun hidupnya, serta banyak hikmah yang diperoleh dengan tadarus Alquran.

“Hikmah tadarus diantaranya mendapatkanb syafaat, menjadi obat, sebagai penenang hati, mencerdaskan otak, penerang di alam kubur, mencegah kepikunan, diangkat derajatnya serta bermaqom dengan malaikat,” terang Nanik. Gelaran khotmil quran ini juga menghadirkan siswa dari Madrasah Ibtidaiyah Luar Biasa (MILB) Budi Asih Semarang.(Dintha/Arya/NBA/bd)