“Indahnya Ramadhan”, Program Dakwah PAIF Di Radio Magelang FM   

Kota Magelang – Dimasa pandemi Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kankemenag Kota Magelang, memberikan pencerahan di bidang keagamaan Islam dengan sasaran yang tanpa batas, yakni melaui siaran radio. Meskipun eksistensinya mulai tergeser oleh berbagai media sosial yang ada akan tetapi tetap memiliki kekuatan untuk menyuarakan informasi dengan lebih cepat dan luas.

Kantor Kementerian Agama Kota Magelang telah lebih dari 6 tahun menjalin kerjasama penyiaran dakwah keagamaan dengan Radio Magelang FM Jl. Pahlawan No. 74, Kelurahan Potrobangsan Kecamatan Magelang Utara.

Penyuluh Agama Islam baik PNS maupun non PNS secara rutin telah terjadwal memberikan ceramah  off air bagi masyarakat muslim di Kota Magelang melalui program Cahaya Iman. Sedangkan sajian interaktif dialog khusus di bulan suci Ramadan program Indahnya Ramadhan bisa dinikmati secara on air setiap hari menjelang beruka puasa.

Shanti Maharanti Ketua Pokjaluh Kankemenag Kota Magelang sebelum siaran on air-nya mengatakan “Meskipun tidak semenarik dulu, radio tetap mempunyai pangsa pasar dan penggemarnya sendiri. Sayang jika radio tidak kita manfaatkan secara maksimal untuk berdakwah. Walaupun tidak bertatap muka secara langsung, tetapi peran radio sebagai media sosial masih efektif untuk dipergunakan para penyuluh agama dalam menjalankan tugas dan fungsinya, dan juga untuk meningkatkan profesionalitasnya,” tutur Shanti, Rabu (6/4).

“Selain di Magelang FM kami juga siaran di Radar FM. Kerjasama dengan berbagai radio ini ditujukan  untuk membina, mencerahkan, dan menambah khazanah ilmu keagamaan. Dan juga untuk menyampaikan informasi ataupun kebijakan pemerintah di bidang keagamaan lainny,” tambahnya

Didampingi 2 PAI Non PNS yakni Basirun dan Sugeng, disiaran kali ini membahas mengenai pentingnya ilmu dalam menjalankan ibadah ramadhan. Ilmu diperlukan agar kita mengetahui syarat, rukun, sunnah dan batalnya dalam menjalankan ibadah ramadhan.

Semoga program Indahnya Ramadhan di radio Magelang FM berperan efektif membina umat dalam meningkatkan kualitas iman dan taqwanya serta meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama. Disamping itu juga agar maasyarakat Kota Magelang merasakan manfaat atas peran Kementerian Agama Kota Magelang di bidang keagamaan. (Shanti/HS/rf)